Sukses

Bersiap New Normal, Inggris Gelar Tes Deteksi Antibodi pada Penyintas COVID-19

Siapa pun yang berusia di atas 18 tahun akan dapat memilih untuk mengikuti tes deteksi antibodi ketika menjalani tes PCR di Inggris.

Liputan6.com, London - Riset tes antibodi COVID-19 akan ditawarkan secara luas kepada publik Inggris untuk pertama kalinya dalam program penelitian baru yang bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang berapa banyak perlindungan alami yang dimiliki orang setelah terkena virus corona.

Skema pemerintah akan menawarkan tes kepada ribuan orang dewasa setiap hari, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (23/8/2021).

Siapa pun yang berusia di atas 18 tahun akan dapat memilih untuk mengikuti tes deteksi itu ketika menjalani tes PCR.

Program akan resmi dimulai pada Selasa 24 Agustus 2021, menyasar kepada 8,000 orang.

Sementara ini, program hanya ditujukan kepada mereka yang pernah dites positif.

Menteri Kesehatan Sajid Javid mengatakan bahwa tes akan berlangsung cepat dan mudah untuk ambil bagian.

Yang pertama dari tes tusukan jari harus dilakukan sesegera mungkin setelah hasil positif, sehingga tubuh tidak akan punya waktu untuk menghasilkan respons antibodi yang terdeteksi terhadap infeksi.

Yang kedua akan diambil 28 hari kemudian dan mengukur antibodi yang dihasilkan sebagai respons terhadap infeksi.

Badan Kesehatan Inggris (NHS) akan menjalankan program ini dan akan bekerja bersama layanan tes dan jejak NHS di Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara untuk menggunakan hasil untuk memantau tingkat antibodi dalam kasus positif.

Kepala eksekutif NHS, Dr Jenny Harries mengatakan skema itu akan membantu Inggris mendapatkan "wawasan penting" tentang dampak program vaksinasi dan respons kekebalan terhadap varian yang berbeda.

Javid mengatakan akan membangun "tembok pertahanan besar" yang merupakan program vaksinasi dan terlibat akan membantu "memperkuat pemahaman kita tentang COVID-19 karena kita dengan hati-hati kembali ke kehidupan yang lebih normal".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi Kekebalan Pribadi

Departemen Kesehatan mengatakan selain membantu meningkatkan pemahaman tentang perlindungan antibodi, skema ini dapat memberikan informasi tentang setiap kelompok orang yang tidak mengembangkan respons kekebalan setelah terkena virus corona.

Menteri Kesehatan Skotlandia Humza Yousaf menyambut baik berita tentang penelitian ini, dengan mengatakan: "Sangat penting bahwa kita memiliki pemahaman semaksimal mungkin tentang efektivitas vaksin dan respons kekebalan dari populasi yang lebih luas.

"Peluncuran studi pengujian antibodi ini akan membantu kita mencapai hal ini dan dapat memainkan peran penting dalam pertempuran untuk menjaga virus tetap terkendali."

Tes antibodi telah digunakan sebelumnya di Inggris selama pandemi tetapi dalam jumlah terbatas, sebagian besar pada orang yang terlibat dalam studi atau survei.

Pada hari Sabtu, Inggris melaporkan 32.058 kasus baru dan 104 kematian, dari orang-orang yang telah dites positif dalam 28 hari sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.