Sukses

Mimpi Gagal Ujian hingga Telanjang, Ini Artinya yang Paling Umum

Inilah 10 mimpi yang paling sering dialami semua orang, beserta artinya

Liputan6.com, Jakarta - Bermimpi berarti menjelajahi sesuatu yang tak terduga. Manusia akan terus memiliki mimpi dan selamanya akan jadi misteri. Ada mimpi yang berarti sesuatu, ada juga yang tidak. Memahami dinamika mimpi bukan hal mudah. Faktanya, membutuhkan penelitian dan studi yang ekstensif untuk mempelajari mimpi.

Association for the Study of Dreams telah mengungkapkan bahwa sebagian besar dari kita memiliki mimpi dengan tema yang sama, dan adalah mungkin untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik (mental dan fisik), hiburan dan bahkan keuntungan finansial dari mimpi tersebut.

Seorang paranormal Amerika terkenal, Edgar Cayce mengklaim bahwa melalui mimpi, orang mendapatkan akses ke roh mereka dan semua pertanyaan yang mungkin dijawab oleh hati nurani.

Beberapa mimpi terasa aneh dan abstrak, di mana yang lain dapat tampak jelas dan mudah dimengerti.

Inilah 10 mimpi yang paling sering dialami manusia, yang mungkin dapat membantu Anda menafsirkan makna mimpi dalam konteks kehidupan Anda sendiri, dilansir dari laman Times of India, Jumat (20/8/2021).

1. Masalah pada Kendaraan

Ilustrasi mpobil mogok (pexels)

Mimpi ini adalah mimpi buruk yang umum dari segala usia. Bahkan bagi yang tidak dapat mengemudi sekalipun. Dalam mimpi ini, Anda biasanya berada di dekat atau di dalam mobil, maupun kendaraan lain yang lepas kendali. Keadaan yang terjadi sangat bervariasi. Mulai dari tidak memiliki rem, roda rusak, sampai kehabisan bahan bakar. Anda juga mungkin memimpikan kendaraan yang dikendarai keluar jalur, jatuh dari tebing, menerobos lampu merah, atau menabrak benda atau orang.

Vaibhav Jain, seorang manajer penjualan di sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka mengenang, "Saya tidak ingat mimpi saya. Tetapi beberapa tahun yang lalu, ketika saya mengalami gejolak emosi karena hubungan yang bermasalah, saya sering bermimpi bahwa saya sedang mengemudikan mobil. mobil dan tiba-tiba remnya blong. Itu adalah perasaan yang intens."

Arti mimpi:

Kendaraan adalah simbol jalan hidup. Mimpi ini muncul ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan Anda tidak dapat mengendalikan peristiwa tidak menyenangkan yang terjadi.

Jika mobil dalam mimpi Anda memiliki kontrol yang buruk atau bagian yang hilang, itu menunjukkan bahwa rasa kendali Anda atas kondisi saat ini sedang membahayakan.

"Mimpi mobil bermasalah selalu berarti bahwa Anda sedang mengalami perubahan - baik itu berganti pekerjaan atau mengalami kehamilan pertama Anda," kata Dr AnujSingh, seorang psikolog klinis.

2. Gagal dalam Ujian

Ilustrasi ujian (pexels)

Mimpi ini sering dilihat oleh mereka yang sudah lama tidak sekolah. Dalam mimpi ini Anda dihalangi untuk lulus ujian dalam berbagai keadaan. Dalam satu skenario, Anda tidak siap untuk menjalani tes karena belum mempersiapkannya atau karena kehilangan peralatan yang dibutuhkan untuk mengikuti ujian. Dalam skenario lain, Anda tidak dapat menjawab pertanyaan apa pun karena ujian dibuat dalam bahasa asing. Anda juga tidak dapat menyelesaikan ujian dalam waktu yang ditentukan atau terlambat tiba di ruang ujian.

Monika Tomar, seorang content twriter di MNC mengatakan, “Saya mendapatkan mimpi ini secara berkala. Biasanya kuliah dan saya telah meledakkan kelas selama hampir satu semester dan begitu final tiba, saya harus menemukan peta dan menemukan ruangan seperti saat pertama saya di sana.”

Arti mimpi:

Mimpi seperti itu menyoroti frustasi dan depresi. Ini biasanya berarti bahwa Anda merasa diuji dalam hidup dan mungkin mengalami ketakutan jika tidak diterima. Bahkan, dapat berarti tidak siap menghadapi tantangan atau merasa tidak cukup baik.

Anda khawatir bila tidak sesuai dengan nilai maupun harapan orang lain.

"Mimpi bahwa Anda sedang mengikuti ujian menunjukkan bahwa Anda sedang diuji dalam beberapa cara. Mimpi-mimpi ini juga menunjukkan bahwa Anda merasa tidak siap menghadapi tantangan. Mimpi-mimpi ini bukan tentang isi ujian, melainkan yang Anda rasakan saat mengikuti ujian,” jelas Dr Anuj.

3. Penyakit Mematikan

Ilustrasi pemakaman (pexels)

Bermimpi tentang kematian adalah mimpi buruk yang cukup umum dan melibatkan kematian orang-orang terkenal, orang tua atau anak-anak, pasangan, atau bahkan diri Anda sendiri.

Kadang-kadang, hal ini terjadi selama sedang sakit. Menurut paranormal Amerika Edgar Cayce, ketika Anda bermimpi tentang kematian seseorang yang tidak disengaja, kematian orang itu melambangkan sesuatu dalam diri Anda yang tidak lagi berfungsi.

Manish Kumar, seorang insinyur senior mengatakan, "Saya biasanya memimpikan preman membobol rumah saya dan menembaki ayah saya. Saya satu-satunya yang menyaksikan ini dalam mimpi"

Arti mimpi:

Mimpi ini terkait dengan hidup Anda yang mungkin sedang terluka secara emosional atau takut terluka.

"Mimpi ini mungkin berfungsi sebagai peringatan bagi Anda untuk membuat Anda sadar akan resiko fisik yang akan datang pada diri sendiri atau orang yang Anda cintai. Ketika orang lain dalam mimpi meninggal, itu bisa berarti bahwa Anda merasakan bagian dari diri Anda (yang Anda lihat diwakili oleh orang itu) juga sudah mati. Ini juga bisa berarti bahwa Anda berharap orang itu pergi atau Anda takut kehilangan mereka, "interpretasi Dr Anuj.

4. Sedang Dikejar

Ilustrasi dikejar (pexels)

Mimpi dikejar juga merupakan mimpi buruk yang biasa dialami. Paling sering pengejar dalam mimpi adalah monster atau orang yang menakutkan; kadang-kadang berupa binatang. Mimpi seperti itu tidak hanya mengerikan dan mengejutkan, tetapi sering dimimpikan berulang-ulang. Perlu juga dicatat bahwa terkadang mimpi ini merupakan reka ulang dari peristiwa nyata dalam hidup Anda.

Atul Kulkerni, seorang siswa, mengatakan, "Ketika saya masih muda saya sering bermimpi buruk dikejar. Biasanya saya dikejar oleh dua singa dan saya akan berlari menuju rumah saya, dan saya tidak pernah bisa mencapai pintu tidak peduli seberapa keras saya mencoba.”

Arti mimpi:

Mimpi jenis ini sering diakibatkan oleh stres. Dalam mimpi tersebut, Anda merasa ketakutan, diserang, dan dalam bahaya. Jika Anda bermimpi dikejar oleh seseorang yang Anda kenal, orang ini entah bagaimana berkontribusi pada kecemasan Anda. Jika anda bermimpi dikejar oleh orang asing, mungkin saja orang asing tersebut mewakili beberapa aspek dari diri anda.

"Berlari adalah respons naluriah terhadap ancaman fisik di lingkungan kita, oleh karena itu mimpi dikejar mewakili cara Anda mengatasi rasa takut dan stress. Alih-alih menghadapi situasi, Anda melarikan diri dan menghindarinya", jelas Dr Anuj.

5. Gigi yang Buruk atau Hilang

Ilustrasi Kesehatan Mulut Credit: pexels.com/Shiny

Mimpi gigi biasanya adalah tentang gigi yang hancur hingga hilang dari mulut Anda sendiri.

Skenario mimpi yang umum termasuk gigi Anda remuk di tangan Anda atau gigi Anda rontok satu per satu hanya dengan ketukan ringan.

PritiSingh, seorang eksekutif call center, mengenang, "5 tahun yang lalu, saya terus-menerus bermimpi tentang gigi saya yang lepas dan tidak hanya jatuh, mereka  benar-benar hancur menjadi potongan-potongan kecil. saya akhirnya meludahkan potongan-potongan itu sepanjang mimpi saya. Saya mengalami mimpi tersebut begitu sering sehingga saya benar-benar pergi dan berbicara dengan seseorang tentang hal itu. Mereka mengatakan kepada saya itu dapat berarti bahwa saya tidak merasa dicintai oleh orang-orang di sekitar saya."

Arti mimpi:

Mimpi yang hilang dapat berarti takut dianggap tidak menarik. Pada level selanjutnya, dapat menandakan rasa takut dipermalukan atau kehilangan kekuatan di dunia nyata.

"Sayangnya, kita hidup di dunia di mana ketampanan sangat dihargai dan gigi kita memainkan peran penting dalam menyampaikan citra itu. Mimpi tentang gigi Anda mencerminkan kecemasan tentang penampilan dan bagaimana orang akan memandang Anda. Rasionalisasi lain untuk mimpi gigi jatuh mungkin berakar pada ketakutan Anda akan dipermalukan atau mempermalukan diri sendiri dalam beberapa situasi tertentu", jelas Dr Anuj

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Jatuh atau Tenggelam

Kita semua pernah mengalami mimpi jatuh. Ini adalah mimpi yang paling umum, dan terkadang disertai dengan sentakan otot, yang mungkin membuat Anda terbangun. Dalam mimpi seperti itu kita biasanya jatuh di udara dan sangat ketakutan. Kadang-kadang mungkin tenggelam dalam air yang dalam. "Saya sering bermimpi bahwa saya mengambang atau memiliki kemampuan untuk melayang, terkadang dengan kekuatan yang besar, terkadang dengan ketidakberdayaan."

Arti mimpi:

Mimpi jatuh sering muncul karena takut kehilangan kendali. Seseorang yang mengalami mimpi ini merasa tidak aman atau tidak memiliki dukungan dalam kehidupan nyata. Jika Anda memiliki mimpi ini, Anda harus mengevaluasi situasi dan mengidentifikasi masalahnya.

“Jatuh adalah indikasi ketidakamanan, ketidakstabilan, dan kecemasan. Terkadang ketika kita mengalami mimpi ini, seluruh tubuh akan tersentak dan berkedut. Ini terjadi karena mimpi jatuh atau tenggelam biasanya terjadi pada tahap pertama tidur dan mimpi pada tahap ini sering disertai kejang otot pada lengan, kaki, dan seluruh tubuh. Tindakan menyentak ini merupakan bagian dari mekanisme gairah yang memungkinkan orang yang tidur untuk bangun dan menjadi waspada dan responsif terhadap kemungkinan ancaman di lingkungan," kata DrAnuj.

7. Ketinggalan Kereta, Bus, Kapal, atau Pesawat

Ilustrasi kereta api (pexels)

Dalam mimpi ini, biasanya menunjukkan Anda yang sedang mengejek kendaraan umum, tetapi terlambat sepersekian detik. Anda akan merasa frustasi daripada takut. Anda datang sangat terlambat untuk pertunjukan di mana Anda seharusnya berpartisipasi dan menemukan bahwa acara telah dimulai.

Arti mimpi:

"Gambar perjalanan sering menandakan perjalanan emosional dan mimpi ini biasanya berarti bahwa Anda telah kehilangan kesempatan penting dalam hidup nyata Anda. Mimpi ini sering terjadi ketika Anda berjuang atas keputusan penting", jelas Dr Anuj

8. Hilang atau Terperangkap

Ilustrasi terperangkap (pexels)

Dalam mimpi ini, Anda mencoba menemukan jalan keluar dari wilayah yang tidak diketahui seperti hutan, jalan-jalan kota, bangunan besar atau struktur seperti labirin lainnya. Atau Anda mungkin bermimpi terjebak, dikubur hidup-hidup, terperangkap dalam jaring atau tidak dapat bergerak karena alasan lain.

Ankur Srivastava, seorang karyawan bank berkata, "Satu mimpi yang berulang adalah berada dalam perjalanan ke suatu tempat dan mengambil jalan pintas melalui sebuah bangunan. Ini berubah menjadi serangkaian tangga dan pintu tanpa akhir yang tidak mengarah ke mana pun."

Arti mimpi:

Mimpi tersesat sangat umum dan biasanya akan terjadi ketika Anda tidak dapat memutuskan bagaimana harus bereaksi terhadap situasi tertentu dalam kehidupan nyata. "Mimpi jenis ini biasanya membawa unsur ketakutan atau frustrasi dan itu biasanya berarti bahwa Anda terjebak dalam kehidupan nyata dan Anda tidak dapat membuat pilihan yang tepat," menafsirkan Dr Anuj.

9. Mimpi Telanjang

Ilustrasi tidak berpakaian (pexels)

Dalam mimpi jenis ini Anda berada dalam keadaan membuka pakaian, membuka pakaian sebagian atau pakaian yang tidak pantas. Misalnya Anda pergi bekerja memakai piyama. Kadang Anda menjadi saksi orang lain yang telanjang saat Anda berpakaian.

Ini sering disertai dengan perasaan malu, tetapi kadang ada perasaan bangga atau bebas.

Kumar Mohit, seorang insinyur perangkat lunak mengenang, "Ketika saya masih muda, mimpi saya yang paling berulang adalah bahwa saya pergi ke sekolah hanya mengenakan piyama dan saya terkejut bahwa saya masih mengingatnya."

Arti mimpi:

Seperti semua mimpi, nada emosional yang satu ini penting untuk dimaknai. Arti dari mimpi ini adalah bahwa anda merasa terbuka, canggung atau anda takut bahwa anda telah mengungkapkan terlalu banyak tentang diri anda kepada seseorang yang tidak dapat dipercaya. Fakta menarik tentang mimpi ini adalah bahwa hal itu terjadi lebih sering pada orang-orang yang terlibat dalam upacara pernikahan atau manajemen acara dalam kehidupan nyata mereka.

"Menjadi dipermalukan saat menyadari bahwa Anda berjalan telanjang di depan umum, seringkali merupakan cerminan dari kerentanan atau rasa malu Anda. Menemukan diri Anda telanjang di tempat kerja atau di ruang kelas menunjukkan bahwa Anda tidak siap untuk sebuah proyek di tempat kerja atau sekolah. Tetapi jika Anda bangga akan hal itu dan tidak merasa malu, maka itu melambnagkan kebebasan Anda yang tidak terbatas," jelas Dr Anuj.

10. Mesin Rusak

Ilustrasi telepon (pexels)

Dalam mimpi ini, Anda sedang mencoba mengoperasikan beberapa peralatan mekanis yang tidak berfungsi. Mimpi ini biasanya melibatkan telepon, dengan si pemimpi mengalami kesulitan memutar nomor, terputus atau membuat sambungan yang salah. Bisa juga jaringan internet yang hilang atau mesin yang macet atau rusak.  

Abhishek Srivastava, seorang pengembang web berkata, "Saya paling sering bermimpi tentang sambungan yang salah. Saya tidak pernah dapat menghubungi nomor yang tepat atau menghubungi orang yang saya coba hubungi."

Arti mimpi:

"Mimpi ini berarti bahwa Anda kehilangan kontak dengan kenyataan atau bahwa bagian dari tubuh atau pikiran Anda tidak berfungsi dengan baik. Anda juga dapat memiliki mimpi seperti itu ketika Anda merasa cemas tentang membuat hubungan dengan orang lain dalam kehidupan nyata," kata Dr Anuj.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.