Sukses

Kapal Perang Rusia Beri Tembakan Peringatan ke Kapal Ikan Korsel

Angkatan laut Rusia dilaporkan sedang latihan ketika ada tembakan peringatan ke kapal ikan Korsel.

Liputan6.com, Seoul - Kapal perang Rusia dilaporkan memberikan tembakan peringatan ke kapal ikan Korea Selatan. Insiden terjadi karena kapal Korsel memasuki zona ekonomi eksklusif Rusia pada Rabu 18 Agustus.

Berdasarkan laporan Yonhap, Kamis (19/8/2021), Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel berkata nelayan Korsel sedang menangkap gurita pada sekitar 03.27 pagi. Jaraknya sekitar 138,9 kilometer sebelah selatan Vladivostok.

Kapal ikan milik Korsel itu memiliki berat 77 ton. Kapten dari kapal Korsel mengaku sudah memberikan penjelasan ke pihak Rusia, tetapi tiga jam kemudian tembakan peringatan tetap diberikan.

Disaat yang sama, dilaporkan juga angkatan laut Rusia sedang latihan di lokasi yang sama, namun kapal Korsel menyebut masih ingin beroperasi. Tak ada korban jiwa dari insiden tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Korsel Janji Jaga Kapal Ikan

Yonhap menyebut kapal Korsel masuk ke zona ekonomi eksklusif Rusia.

Berdasarkan perjanjian perikanan bilateral, kapal-kapal ikan Korsel diizinkan beroperasi di perairan tempat terjadinya insiden tembakan peringatan.

Pemerintah Korsel berkata akan terus memonitor operasional kapal perikanan Korsel di perairan Rusia untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi.

Mereka juga akan berdiskusi ke pihak Rusia untuk memastikan keamanan kapal ikan Korsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.