Sukses

19 Agustus 1848: Media AS Laporkan Penemuan Emas Pertama di California

Warga AS dikejutkan dengan berita dari New York Herald yang melaporkan terdapat tambang emas di California.

Liputan6.com, California - Kali pertamanya tambang emas ditemukan pada Desember tahun 1848 di South Branch of The American Fork, tepatnya di perbukitan rendah yang membentuk dasar Sierra Nevada, Amerika Serikat.

Tambang emas berlokasi sejauh tiga puluh mil (48,2 km) dari New Helvetia, hanya tiga kaki (0,9 meter) di bawah permukaan, dalam lapisan/strata batu pasir lembut.

Selanjutnya dari eksplorasi selatan dua belas mil (19,3 km) dan utara lima mil (8 km) terdapat mineral yang juga melimpahnya.

Ketebalannya sebesar dua belas (3,6 meter) sampai delapan belas kaki (2,4 meter). Pada saat emas ditemukan, California adalah bagian dari wilayah Meksiko Alta California, yang diserahkan ke Amerika Serikat setelah berakhirnya Perang Meksiko-Amerika.

Dikutip dari World Histrory Project pada Rabu (18/08/2021), perang diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Guadalupe Hidalgo pada 2 Februari 1848.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penemuan Emas Membuat Fenomena

New York Herald sebagai surat kabar besar pertama di Pantai Timur yang melaporkan penemuan emas tersebut pada 19 Agustus 1848. Pada tanggal 5 Desember 1848, Presiden James Polk mengkonfirmasi penemuan emas dalam pidatonya di depan Kongres.

Dari situ terjadilah gelombang imigran dari seluruh dunia, yang kemudian disebut "forty-niners", menyerbu The Gold Country of California atau biasa disebut "Mother Lode".

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.