Sukses

Chile Siap Tampung Aktivis Perempuan Usai Taliban Kuasai Afghanistan

Program Chile menampung para aktivis perempuan Afghanistan ini dijalankannya bersama “Front Line Defenders,” satu organisasi yang mendukung para aktivis.

Liputan6.com, Santiago de Chile - Presiden Chile Sebastian Pinera, Rabu (18/8), mengatakan negaranya akan menampung sepuluh keluarga Afghanistan.

Mereka adalah para pembela hak-hak perempuan yang melarikan diri setelah Taliban mengambilalih negara itu pada Minggu (15/8).

Pinera mengatakan program menampung para aktivis perempuan itu dijalankannya bersama “Front Line Defenders,” satu organisasi yang mendukung para aktivis.

"Bersama organisasi ini kami akan menyambut dan menerima dengan tangan terbuka sekelompok kecil keluarga Afghanistan, sekitar 10 keluarga. Mereka adalah perempuan-perempuan yang mendedikasikan diri pada upaya melindungi dan mempertahankan hak-hak perempuan," ujar Pinera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan untuk Warga Afghanistan

Ditambahkannya, pemerintah Chile berkomitmen untuk melindungi para aktivis perempuan.

Lantaran, mereka melihat pengalaman sebelumnya di mana pemerintah Taliban “bersikap sangat kejam terhadap perempuan.”

Oleh karena itu Pinera mengatakan “kami memiliki solidaritas khusus, dan saya ingin mengatakan Chile akan membantu dan berkomitmen menolong perempuan-perempuan yang selama ini telah melindungi hak-hak perempuan di Afghanistan dan kini merasa terancam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.