Sukses

Kim Jong-un Ucapkan Selamat HUT ke-76 RI untuk Jokowi

Ucapan HUT ke-76 RI datang dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menyampaikan ucapan selamat HUT ke-76 RI. Ucapan itu diberikannya ke Presiden Jokowi.

"Saya menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada anda dan rakyat negara anda dalam rangka peringatan ke-76 kemerdekaan Indonesia," ujar Kim Jong-un melalui situs Kementerian Luar Negeri Korut, dikutip Rabu (18/8/2021).

Lebih lanjut, Kim ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara. Ia berharap hubungan bilateral semakin kuat sesuai aspirasi dan keinginan kedua negara.

"Dan saya berharap kesuksesan untuk anda dalam pekerjaan anda untuk pembangunan nasional," tulis Kim.

Ini bukan pertama kali Kim Jong-un memberikan pesan kemerdekaan ke RI. Selain itu, situs Kemlu Korut juga rutin menyampaikan ucapan kemerdekaan ke negara-negara sahabat. Konten ucapannya kurang-lebih serupa.

Salah satu yang berbeda adalah ucapan selamat ke Rusia dan Presiden Vladimir Putin. Kim Jong-un turut membahas bantuan dari Tentara Merah yang membantu kemerdekaan Korut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi di HUT ke-76 RI

Presiden Joko Widodo menyapa masyarakat Merauke, Papua dan Poso, Sulawesi Tengah melalui konferensi video usai menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Perwakilan masyarakat Merauke mengungkapkan rasa terima kasih dan bangganya karena berkesempatan mengikuti Upacara HUT ke-76 RI dan berinteraksi langsung dengan Kepala Negara secara virtual.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah memberikan (kesempatan) kepada kami untuk berinteraksi langsung dengan Bapak Presiden pada momentum Hari Kemerdekaan ini," ucapnya, Selasa (17/8).

Masyarakat Poso juga mengungkapkan hal serupa. Menurut mereka, mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan berinteraksi langsung dengan Presiden Jokowi dapat membangkitkan jiwa nasionalisme masyarakat Poso.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya upacara ini, upacara yang perdana. Bahkan masyarakat saya pun perdana baru memasuki untuk upacara bendera. Kemarin pada waktu dikibarkan bendera, mereka merasa sangat merdeka dengan adanya pengibaran bendera Merah Putih," ucap perwakilan masyarakat Poso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.