Sukses

17 Agustus Bukan Hanya Hari Kemerdekaan Indonesia, Tapi Juga Negara Ini

Negara ini ternyata juga merdeka pada tanggal 17 Agustus tapi di tahun berbeda yakni 1960.

Liputan6.com, Libreville - Ternyata bukan hanya Indonesia saja yang merayakan hari kemerdekaan pada 17 Agustus. Negara Afrika Bagian Tengah, Gabon juga turut memperingatinya di tanggal yang sama.

Hari kemerdekaan Gabon menjadi hari libur nasional yang jatuh setiap tahun pada tanggal 16 dan 17 Agustus. Gabon menandai tanggal ini sebagai hari terbebas dari kolonial Prancis pada 17 Agustus 1960.

Nama Gabon diawali dari Diego Cam, seorang pria kebangsaan Portugis yang menjelajahi wilayah tersebut pada akhir abad ke-15. Kemudian ia memberikan nama Gabon saat melihat muara Sungai Como sebagai gabão dari bahasa Portugis yang berarti "jubah". Lantaran bentuk muaranya menyerupai jubah.

Kemudian, setelah beberapa abad bangsa Prancis mulai menduduki Gabon tepat pada awal kesembilan belas. Prancis datang karena tertarik oleh perdagangan budak. Pada tahun 1839, penguasa lokal di wilayah pesisir menyerahkan kedaulatan kepada Prancis.

Kolonial Prancis Pierre Savorgnan de Brazza memimpin misi pertamanya ke daerah Gabon-Kongo pada tahun 1875 untuk meningkatkan kontrol Prancis dan mendirikan kota Franceville pada tahun 1880. Prancis secara resmi menduduki Gabon pada tahun 1885 dan pada tahun 1910, Gabon menjadi salah satu dari empat koloni Prancis Afrika Khatulistiwa.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbebas dari Penjajahan Prancis

Dikutip dari Official Holiday pada Senin (16/8/2021), selama Republik Prancis Keempat (1946–1958), Gabon menjadi wilayah kekuasaan di seberang laut yang memiliki sistem pemerintah sendiri namun masih dibawah Parlemen Prancis. Pada tahun 1958 pun Gabon memilih untuk menjadi republik otonom dalam Komunitas Prancis.

Mulai dari situ, Gabon perlahan memperoleh kemerdekaan pada 17 Agustus 1960 dan menjadi negara republik. Gabon bergabung dengan tiga wilayah lain dari Uni Khatulistiwa Prancis yang juga memperoleh kemerdekaannya di bulan yang sama.

Léon M'ba secara resmi menjadi presiden pertama Gabon yang terpilih pada tahun 1961. Setelah negara itu memperoleh kemerdekaan, Prancis membangun dinamika baru dengan Gabon yang sebagian didukung oleh kekayaan uranium negara Afrika Barat yang merupakan kunci program nuklir Prancis.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.