Sukses

Indonesia Masuk 5 Besar Negara dengan Vaksinasi COVID-19 Terbanyak di Asia-Pasifik

Vaksinasi COVID-19 di Indonesia tercatat sangat tinggi di Asia-Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah dosis vaksin COVID-19 yang telah disalurkan di Indonesia masuk 5 besar di Asia-Pasifik. Totalnya, ada 79,06 juta dosis menurut data Our World in Data. Atau sudah sekitar 80 juta. 

Ini berarti Indonesia berada di peringkat empat di Asia, setelah China, India, dan Jepang per Sabtu (14/8/2021). 

China masih menjadi juara vaksinasi COVID-19 di Asia-Pasifik hingga dunia dengan total vaksinasi 1,83 miliar dosis. Negeri Tirai Bambu itu umumnya menggunakan Sinovac dan Sinopharm, namun mereka kabarnya juga ingin memakai vaksin mRNA seperti Pfizer-BioNTech. 

Indonesia juga umumnya menggunakan vaksin Sinovac, meski kini mulai pakai Moderna. Awalnya, vaksin Moderna hanya untuk tenaga kesehatan, tetapi kini boleh untuk umum. 

Namun, yang sudah terlanjur disuntik Sinovac sejauh ini masih belum mendapat izin untuk disuntik booster vaksin Moderna. 

Vaksin Moderna merupakan salah satu vaksin andalan di Amerika Serikat karena memiliki efikasi tinggi, serta kuat melawan varian Delta. Vaksin ini juga diterima Arab Saudi untuk izin umrah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Kirim 8 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Sementara itu, administrator USAID Samantha Power bertemu dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dr. (H.C) H. Suharso Monoarfa pada 10 Agustus 2021. 

Dalam kesempatan tersebut, Power menyadari adanya korban jiwa yang cukup besar selama masa sulit bagi Indonesia akibat pandemi COVID-19. Ia menggarisbawahi komitmen kemitraan USAID dengan Indonesia, dan sebagai catatan, Amerika Serikat telah menyediakan lebih dari 65 juta dolar AS untuk mendukung respons Indonesia terhadap COVID-19 sejak awal pandemi. 

"Bekerja sama dengan pemerintah dan para mitra di Indonesia, dukungan USAID untuk COVID-19 telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia sejak Januari 2020 -- mencakup 60 persen penduduk Indonesia, termasuk sekitar 43.000 tenaga kesehatan di garis depan dan dukungan untuk lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik," ujar Juru Bicara Rebecca Chalif dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip Jumat (13/8).

"Amerika Serikat telah mengirimkan 8 juta dosis vaksin untuk membantu menyelamatkan jiwa di Indonesia," imbuh Rebecca Chalif.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.