Sukses

NASA Butuh Dana Rp 14,3 M untuk Baju Astronaut, Elon Musk Tawarkan Bantuan

NASA kembali ini mendarat di bulan dalam misi Artemis pada tahun 2024. Sayangnya, baju astronot masih belum rampung.

Liputan6.com, Florida - NASA sudah sangat percaya diri untuk misinya yang kembali mendaratkan manusia di Bulan pada tahun 2024. Padahal menurut laporan baru dari NASA Office of Inspector General (OIG), mengungkapkan bahwa baju astronaut NASA belum rampung. Bahkan perkiraan paling cepat untuk bisa selesai hingga April 2025.

Keterlambatan ini menengok jumlah dana yang kurang akibat imbas COVID-19 dan tantangan teknis lainnya. Walaupun NASA telah merancang baju astronaut yang bernama Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU) pada tahun 2019.

"Mengingat penundaan yang diantisipasi dalam pengembangan pakaian antariksa ini, pendaratan di Bulan pada akhir 2024 seperti yang direncanakan NASA saat ini tidak memungkinkan," ungkap NASA OIG yang bertugas mengawasi program dan operasi NASA.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diprediksi Rp 14,3 Miliar

Dikutip dari Cnet pada Sabtu (14/8/2021), Elon Musk, pendiri SpaceX menawarkan bantuan kepada NASA. Musk menanggapi lewat cuitan di twitter mengenai penundaan baju astronaut yang dilaporkan oleh reporter antariksa CNBC, Michael Sheetz.

"SpaceX bisa melakukannya jika perlu," cuit Musk.

Sheetz menunjukkan ada 27 perusahaan berbeda yang memasok komponen untuk setelan astronaut tersebut.

"Sepertinya terlalu banyak juru masak di dapur," kata Musk menyiratkan terlalu banyak pilihan.

NASA sejauh ini telah bersedia bekerja sama dengan penyedia komersial dalam proyek antariksa, mulai dari pengiriman astronaut dan kargo ke ISS hingga pengiriman perangkat keras ke Bulan.

Pada Bulan Juli, NASA mengatakan akan merangkul kemitraan komersial untuk mengoptimalkan teknologi pakaian antariksa dan menginspirasi start up di pasar antariksa sehingga tawaran Musk masih dipertimbangkan.

NASA mengatakan akan terus mengembangkan Exploration Extravehicular Mobility Unit (xEMU) in-house secara paralel dengan aktivitas pengadaan apa pun. Badan tersebut mengharapkan untuk merilis permintaan resmi mengenai proposal layanan dukungan pakaian antariksa dan spacewalk akhir tahun ini dengan tujuan memberikan penghargaan pada awal 2022.

Laporan OIG merinci beberapa angka besar untuk biaya pengembangan xEMU. NASA telah menghabiskan $ 420 juta (Rp 6 miliar) untuk proyek tersebut dengan tujuan awal memproduksi dua pakaian antariksa siap terbang pada November 2024.

Inspektur Jenderal menyarankan label harga akan membengkak menjadi lebih dari $ 1 miliar (Rp 14,3 miliar) pada saat pakaian tersebut dikembangkan dan dirakit.

NASA telah mengerjakan roket SLS dan pesawat ruang angkasa Orion untuk membawa astronaut kembali ke Bulan. Sistem roket juga mengalami penundaan, meskipun NASA secara resmi berharap untuk meluncurkan misi Artemis I keliling Bulan tanpa awak akhir tahun ini.

Mengirim pesawat antariksa ke Bulan harus memastikan astronaut mendarat dengan aman pada permukaan Bulan dan kemudian membawa mereka kembali ke rumah. Oleh sebab itu, baju astronaut wajib meningkatkan mobilitas dan kenyamanan astronaut dibandingkan dengan pakaian era Apollo - komponen kunci untuk eksplorasi Bulan.

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.