Sukses

Studi: Menonton Film Horor Bisa Bakar Kalori

Film bernuansa horor atau menakutkan diyakini ahli bisa membakar kalori dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Apabila Anda merasa sedih dan bersalah lantaran sudah makan cokelat di masa diet tengah berlangsung, maka tak perlu khawatir. Nyalakan saja televisi Anda, maka kalori dalam tubuh akan terbakar.

Namun, tak semua film atau tanyangan di TV bisa menurunkan berat badan. Film bernuansa horor atau menakutkan diyakini ahli bisa membakar kalori dalam tubuh.

Dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (8/2/2019), Para peneliti di University of Westminster, Inggris telah menemukan hubungan antara lonjakan detak jantung seseorang saat menonton film horor dengan kehilangan kalori.

Para ilmuwan di University of Westminster yang dipandu oleh Dr. Richard MacKenzie melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa menonton film horor 90 menit dapat membantu Anda membakar hingga 113 kalori.

Jumlah kalori ini sama dengan apabila Anda berjalan kaki selama 30 menit. Para peneliti mengukur tingkat detak jantung, asupan oksigen, dan pengeluaran karbon dioksida.

Mereka menemukan bahwa film-film menakutkan memicu peningkatan dalam denyut jantung.

"Ketika denyut nadi lebih cepat dan darah memompa ke seluruh tubuh lebih cepat, tubuh mengalami lonjakan adrenalin," jelas MacKenzie, seorang spesialis dalam metabolisme dan fisiologi sel.

Adrenalin yang cepat ini dikeluarkan pada saat-saat singkat dari stres tinggi (atau dalam kasus khusus ini, rasa takut) meminimalkan nafsu makan dan meningkatkan tingkat metabolisme basal yang menghasilkan kehilangan kalori yang lebih tinggi.

Kehilangan rata-rata per film adalah 113 kalori tetapi perlu diingat bahwa ada beberapa film yang membantu membakar lebih banyak kalori.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Film yang Dinilai Bisa Bakar Kalori

Berikut adalah tiga produksi pembakaran kalori teratas (semuanya merupakan produksi beberapa tahun lalu):

1. The Shining - 184 kalori2. Rahang - 161 kalori3. The Exorcist - 158 kalori

Ketiga film ini memiliki banyak adegan menyeramkan yang menghasilkan peningkatan detak jantung dan memberi Anda dorongan adrenalin yang membakar kalori.

Tetapi jika film ini terlalu menakutkan untuk Anda, Anda selalu dapat memilih opsi yang lebih ringan seperti Paranormal Activity (111 kcal), The Blair Witch Project (105 kcal), dan The Texas Chain Saw Massacre (107 kcal).

Perlu diingat bahwa penelitian ini didasarkan pada jumlah kalori yang dapat Anda bakar. Jadi, jika Anda ingin mencobanya, kami sarankan untuk menjaga makanan ringan saat menonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.