Sukses

PBB: Kekerasan Terhadap Anak di Afghanistan Meningkat selama Konflik dengan Taliban

PBB melaporkan bahwa terdapat 27 korban anak selama tiga hari.

Liputan6.com, Jakarta - Sedikitnya 27 anak tewas di Afghanistan dalam tiga hari di tengah pertempuran sengit antara Taliban dan pasukan pemerintah, kata PBB.

Badan anak-anak PBB, Unicef, mengatakan pihaknya terkejut dengan "peningkatan pesat pelanggaran berat terhadap anak-anak".

Mengutip BBC, Selasa (10/8/2021), Taliban telah membuat kemajuan besar di seluruh negeri ketika pasukan asing menarik diri, mengambil enam ibu kota regional sejak Jumat (6/8).

Mereka telah menolak seruan internasional untuk melakukan gencatan senjata.

Sementara itu, lebih dari 1.000 warga sipil tewas akibat konflik dalam sebulan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, Unicef ​​mengatakan kekejaman yang dilakukan terhadap anak-anak tumbuh "semakin tinggi dari hari ke hari". 27 kematian tercatat di tiga provinsi - Kandahar, Khost, dan Paktia. 

Sekitar 136 anak juga terluka di daerah ini selama tiga hari terakhir, kata UNICEF.

"Afghanistan telah lama menjadi salah satu tempat terburuk di dunia untuk anak-anak, tetapi dalam beberapa minggu terakhir dan, memang, 72 jam terakhir, itu menjadi jauh lebih buruk," kata Samantha Mort dari Unicef ​​Afghanistan kepada BBC.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Miris Anak-Anak Afghanistan

Anak-anak telah tewas dan terluka dalam bom pinggir jalan dan dalam baku tembak. 

Seorang ibu mengatakan kepada Unicef bahwa keluarganya sedang tidur selama akhir pekan ketika rumah mereka terkena pecahan peluru, yang memicu kebakaran dan meninggalkan putranya yang berusia 10 tahun dengan "luka bakar yang mengerikan". 

Banyak anak juga tidur di luar setelah rumah mereka hancur.

Unicef ​​telah meminta semua pihak untuk memastikan bahwa anak-anak dilindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.