Sukses

9 Agustus 1974: Gerald Ford Ambil Alih Kursi Presiden AS dari Richard Nixon yang Didera Skandal

Wakil Presiden Gerald Ford telah dilantik sebagai presiden ke-38 Amerika Serikat menyusul keputusan Richard Nixon untuk mundur.

Liputan6.com, D.C - Wakil Presiden Gerald Ford dilantik sebagai presiden ke-38 Amerika Serikat, pada 9 Agustus 1974, menyusul keputusan Richard Nixon untuk mundur akibat terlibat skandal politik.

Transisi kekuasaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di bawah amandemen ke-25 secara resmi terjadi ketika Nixon menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menteri Luar Negeri Dr Henry Kissinger.

Dia mengumumkan kepergiannya usai menghadapi sidang pemakzulan yang akan segera terjadi - dan kemungkinan pencopotan dari jabatannya - atas skandal Watergate, demikian seperti dikutip dari BBC On This Day, Senin (9/8/2021).

Ford menjadi presiden pertama yang menjabat tanpa satu suara pun yang dilemparkan mendukungnya --dalam kata lain, tanpa pemilu.

Berbicara hanya beberapa menit setelah mengambil sumpah jabatan di Ruang Timur Gedung Putih, dia berkata: "Anda belum memilih saya sebagai presiden Anda dengan surat suara Anda. Jadi saya meminta Anda untuk mengkonfirmasi saya sebagai presiden Anda dengan doa-doa Anda.

Partai Republik menjanjikan pemerintahan "terbuka", menyatakan bahwa pada usia 61 tahun ia terlalu tua untuk "mengubah kebiasaannya."

Soal skanal Watergate, dia berkata: "Kebenaran adalah lem yang menyatukan Pemerintah kita. Tidak hanya pemerintah kita tapi peradaban itu sendiri.

"Itu tidak terputus di dalam dan luar negeri. Saya berharap untuk mengikuti naluri keterbukaan, dengan keyakinan penuh bahwa kejujuran selalu merupakan kebijakan terbaik pada akhirnya."

Presiden baru menyerukan sesi bersama kongres segera pada 9 Agustus malam untuk membahas "bisnis prioritas bangsa."

Dia menunjuk seorang reporter terkenal Washington Jerald terHorst sebagai sekretaris persnya menggantikan Ron Ziegler, yang ikut turun dengan Nixon.

Ford telah secara publik mengindikasikan bahwa ia tidak akan diterima di Gedung Putih-nya.

Sebelumnya presiden baru mengumumkan bahwa Kissinger akan mempertahankan posisinya sebagai menteri luar negeri.

Dia sudah mulai bertemu duta besar untuk memberikan jaminan kelangsungan kebijakan luar negeri yang dinyatakan Ford dalam pidatonya.

Presiden baru menyatakan: "Kepada rakyat dan pemerintah semua bangsa yang ramah, dan saya berharap itu dapat mencakup seluruh dunia, saya berjanji pencarian perdamaian yang tidak terganggu dan tulus."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Konteks

Presiden Ford menjabat lebih dari dua tahun menjabat sebelum ia kalah dari Jimmy Carter dalam pemilihan yang diperjuangkan erat pada November 1976. Dia tiba pada saat yang sulit ketika pemerintah masih tertanam dalam tuduhan korupsi setelah skandal Watergate.

Publik Amerika bereaksi marah ketika dia secara resmi memaafkan mantan Presiden AS Richard Nixon hanya dua bulan setelah berkuasa.

Setelah itu reputasi Presiden Ford tidak pernah pulih dan dalam setahun berkuasa ia selamat dari dua upaya pembunuhan dalam waktu 17 hari.

Tetapi dia berhasil mencegah Israel dan Mesir memulai perang di Timur Tengah ketika dia membujuk kedua negara untuk menerima perjanjian gencatan senjata sementara.

Dia meluncurkan karier bisnis yang sukses setelah ia mundur tetapi ini akhirnya dibayangi oleh klinik rehabilitasi obat baru yang dijalankan istrinya Betty, untuk orang kaya dan terkenal.

Ford terus berbicara tentang isu-isu politik penting.

Dia selamat dari dua stroke ringan pada usia 87 tahun di konvensi Partai Republik pada tahun 2000. Ia meninggal pada Desember 2006. Presiden George Bush memberikan penghormatan kepadanya sebagai orang yang datang ketika Amerika "sangat membutuhkannya".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.