Gelar Tes COVID-19 Massal, China Laporkan Kasus Infeksi Tertinggi Dalam 6 Bulan

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 04 Agu 2021, 17:34 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 17:34 WIB
Semua Bermasker, Begini Suasana Jam Sibuk di Stasiun Kereta Beijing
Perbesar
Orang-orang bepergian di kereta bawah tanah selama jam sibuk di Beijing pada Rabu (4/8/2021). China mendeteksi infeksi corona tertinggi dalam 6 bulan belakangan setelah menggelar tes Covid-19 massal pada Rabu (4/8). (Noel Celis / AFP)

Liputan6.com, Beijing - China pada Rabu (4/8) melaporkan jumlah kasus harian COVID-19 tertinggi dalam enam bulan ketika tes massal, dan langkah pelacakan kontak dilakukan guna menemukan jejak infeksi varian Delta.

Dikutip dari AFP, otoritas kesehatan China melaporkan 71 kasus lokal baru pada Rabu (4/8/2021) - tertinggi sejak Januari 2021, ketika negara itu menangani wabah Virus Corona terbesarnya dalam beberapa bulan dengan memberlakukan lockdown di sejumlah kota.

Beijing sebelumnya berhasil meredam kasus COVID-19 - memungkinkan ekonomi untuk pulih dan ativitas kembali normal.

Tetapi wabah terbaru muncul di China ketika hampir 500 kasus domestik dilaporkan sejak pertengahan Juli 2021, termasuk pada kasus infeksi yang dialami staf bandara di Nanjing, provinsi Jiangsu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tes COVID-19 Massal di Wuhan

Potret Warga Wuhan Antre Tes COVID-19 Sampai Malam
Perbesar
Warga mengantre untuk tes virus corona Covid-19 di Wuhan di provinsi Hubei tengah China (3/8/2021).Langkah tersebut dilakukan setelah sejumlah kota di China melaporkan infeksi lokal pertamanya setelah lebih dari setahu. (AFP/STR)

Di Kota Wuhan, tempat virus pertama kali muncul pada 2019, melaporkan infeksi lokal pertamanya dalam lebih dari setahun pekan ini. Otoritas di sana mengatakan  "dengan cepat meluncurkan" tes COVID-19 massal terhadap 11 juta penduduknya.

Antrean panjang warga Wuhan dilaporkan terlihat di sebuah pusat tes luar ruangan di musim panas pada Selasa, (3/8).

Sementara itu, Nanjing telah melakukan tes COVID-19 untuk 9,2 juta penduduknya sebanyak tiga kali setelah menutup pusat kebugaran dan bioskop dan menutup kompleks perumahan.

Kemudian di Zhangjiajie di provinsi Hunan tengah,di mana para pelancong yang terinfeksi yang telah berada di Nanjing menghadiri pertunjukan teater, tiba-tiba mengumumkanbahwa tidak ada yang akan diizinkan keluar kota setelah kemunculan klaster infeksi baru.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga COVID-19

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga COVID-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya