Sukses

Melihat Kelahiran Bayi Panda Raksasa di Kebun Binatang Prancis

Seekor panda raksasa di Kebun Binatang ZooParc de Beauval di Prancis, melahirkan bayi panda kembar.

Liputan6.com, Paris - Seekor panda raksasa telah melahirkan bayi kembar di Kebun Binatang ZooParc de Beauval di Prancis tengah - disebut para pejabat setempat sebagai peristiwa "luar biasa".

Dikutip dari laman BBC, Selasa (3/8/2021) seekor panda bernama Huan Huan, melahirkan bayinya pada Senin (2/8) dengan berat masing-masing hanya 149 gram dan 129 gram.

"Mereka hidup, merah muda dan gemuk," kata pihak ZooParc de Beauval dalam sebuah pernyataan.

Menurut para ahli, reproduksi panda - baik di penangkaran maupun di alam liar - sangat sulit, karena hanya sedikit dari hewan asli China itu yang memiliki mood yang baik.

Tapi Huan Huan - yang dipinjamkan dari China - memiliki kondisi tersendiri dalam hal ini: dia sudah menjadi ibu bagi Yuan Meng, panda pertama yang lahir di Prancis.

Meskipun demikian, masih sangat menarik bagi staf kebun binatang ketika Huan Huan dan rekannya Yuan Zi berhasil melakukan "kontak" delapan kali dalam satu akhir pekan pada Maret 2021, menurut kantor berita AFP.

Dokter hewan juga melakukan inseminasi buatan, untuk memastikan.

Persalinan Huan Huan pun dipantau dengan hati-hati dengan dua dokter hewan, termasuk yang datang dari China khususnya, menurut keterangan dari ZooParc de Beauval.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panda Raksasa Tidak Lagi Dianggap Terancam Punah

Bulan lalu, China mengatakan panda raksasa tidak lagi dianggap terancam punah tetapi masih rentan.

Klasifikasi itu diturunkan karena jumlah mereka di alam liar telah mencapai 1.800 ekor.

Tetapi itu tidak mengurangi kegembiraan di kebun binatang Prancis atas pendatang baru yang mereka sambut.

"Kelahiran ini selalu luar biasa," kata Delphine Delord, direktur asosiasi kebun binatang.

Para ahli mengatakan China berhasil menyelamatkan hewan ikoniknya melalui upaya konservasi jangka panjangnya, termasuk perluasan habitat.

China menganggap panda sebagai harta nasional, tetapi juga meminjamkannya ke negara lain sebagai bagian dari strategi diplomatik.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.