China Klaim Luncurkan Kereta Tercepat Sedunia 600 Km/Jam, Mampu Saingi Pesawat?

Oleh Liputan6.com pada 02 Agu 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Kereta Super Cepat
Perbesar
Ilustrasi kereta super cepat. (Doc: AFP)

Liputan6.com, Qingdao - Kereta peluru Maglev yang dikembangkan oleh perusahaan milik negara, China Railway Rolling Stock Corporation, diklaim sebagai kereta tercepat di dunia.

Bagaimana tidak, kereta tersebut dapat mencapai kecepatan 600 kilometer per jam (373 mil per jam). Kereta ini diluncurkan di Qingdao, Provinsi Shandong, China.

"Maglev" merupakan singkatan dari magnetic levitation (levitasi magnetik).Berkat adanya gaya elektromagnetik yang membuatnya meluncur di atas rel, kereta akan terlihat seperti melayang.

Liang Jianying, Wakil Manajer Umum dan Kepala Teknisi CRRC Sifang, mengatakan kepada media pemerintah China bahwa selain kecepatannya. Kereta ini hanya membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan kereta berkecepatan tinggi lainnya. Tak hanya itu, polusi suara yang dihasilkan juga cukup rendah.

Kereta uji coba kereta Maglev baru terungkap ke media pada tahun 2019 silam. Pada tahun yang sama, China juga mengumumkan rencana untuk menciptakan lingkaran transportasi 3 jam" di antara wilayah metropolitan utama.

China memprioritaskan adanya kereta api berkecepatan tinggi sehingga menciptakan waktu lebih efisien dan mengurangi biaya saat menghubungkan lebih banyak kota besar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masih Ada Kendala

Begini Wujud Kereta Peluru Fuxing CR400AF Milik China
Perbesar
Dua mekanik berjalan melewati sebuah kereta peluru Fuxing CR400AF di stasiun pemeliharaan depo gerbong kereta di Kota Chongqing, China barat (23/12/2020). Kereta yang dioperasikan di Chongqing Railway untuk pertama kalinya, melakukan debut di Chongqing pada Rabu (23/12). (Xinhua/Tang Yi)

Hingga kini, rata-rata kereta berkecepatan tinggi di China dapat melaju dengan kecepatan sekitar 350 kilometer per jam. Sedangkan pesawat terbang berada di kecepatan 800-900 kilometer per jam.

Sayangnya kereta ini masih memiliki kendala dari kurangnya jaringan jalur Maglev yang memadai.

Dilaporkan dari CNN pada Senin, 2 Agustus 2021, China baru memiliki satu jalur Maglev yang digunakan secara komersial. Jalur tersebut menghubungkan Bandara Pudong Shanghai dengan stasiun Jalan Longyang di kota.

Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar tujuh setengah menit dengan jarak 30 km (19 mil) dan kecepatan kereta mencapai 430 kph (267 mph).

Beberapa jaringan Maglev baru berada ditahap pembangunan. Termasuk satu yang menghubungkan Shanghai dan Hangzhou. Lalu rute perjalanan yang menghubungkan Chengdu dan Chongqing.

 

Reporter: Bunga Ruth

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya