Sukses

Kantor PBB di Afghanistan Barat Diserang Kelompok Anti-Pemerintah, 1 Penjaga Tewas

"Elemen anti-pemerintah" di Afghanistan menyerang kantor perwakilan PBB di ibu kota provinsi barat Herat pada Jumat 30 Juli 2021 dan setidaknya satu penjaga keamanan tewas.

Liputan6.com, Herat - "Elemen anti-pemerintah" di Afghanistan menyerang kantor perwakilan PBB di ibu kota provinsi barat Herat pada Jumat 30 Juli 2021 dan setidaknya satu penjaga keamanan tewas, kata Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA).

Serangan itu, yang melibatkan granat dan peluncur roket, terjadi beberapa jam setelah pejuang Taliban menembus jauh ke dalam kota Herat, dan ada bentrokan berat dengan pasukan keamanan Afghanistan di dekat markas provinsi UNAMA, kata para pejabat.

Itu juga datang ketika pasukan asing yang dipimpin AS tengah melaksanakan penarikan total dari negara itu, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Channelnewsasia, Sabtu (31/7/2021).

Dalam sebuah pernyataan menyusul serangan itu, PBB mengatakan pihaknya segera berusaha untuk membangun gambaran lengkap tentang serangan itu dan berhubungan dengan pihak-pihak terkait.

Tidak segera jelas siapa yang menyerang kompleks itu, tetapi seorang pejabat keamanan barat mengatakan kepada Reuters semua staf diplomatik di kota itu disiagakan.

UNAMA mengatakan serangan itu jelas diarahkan "ke pintu-pintu masuk kantor yang jelas ditandai sebagai fasilitas PBB."

"Serangan terhadap PBB ini menyedihkan dan kami mengutuknya dengan syarat terkuat," kata Deborah Lyons, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Afghanistan.

UNAMA mengatakan tidak ada personel PBB yang terluka dalam insiden tersebut.

Taliban menyebut bahwa insiden itu kemungkinan terkait dengan peristiwa baku tembak di area sekitar.

"Ada kemungkinan bahwa penjaga dapat mengalami bahaya dalam baku tembak karena jarak kantor yang dekat dengan pertempuran," kata juru bicara pemberontak, Zabihullah Mujahid, di Twitter.

Dia menambahkan bahwa pejuang Taliban telah "tiba di tempat kejadian" dan bahwa kantor itu "tidak berada di bawah ancaman apa pun".

Taliban telah menangkap provinsi Herat, yang berbatasan dengan Iran, sebelum mereka memasuki ibu kota pada hari Jumat.

Seorang pejabat tinggi keamanan asing mengatakan kepada Reuters penjaga perbatasan Iran bersiaga tinggi karena mereka khawatir banyak yang bisa melarikan diri melintasi perbatasan dalam beberapa hari mendatang.

Staf asing di semua kantor kedutaan di kota telah disarankan untuk mengamati penguncian yang ketat, tambah pejabat itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Herat Diambil Alih Taliban

Kota Herat adalah ibu kota provinsi kedua yang dimasuki Taliban dalam 24 jam terakhir. Pemberontak memasuki ibukota provinsi selatan Helmand sehari sebelumnya, dan bentrokan sedang berlangsung di sana. Warga sipil bergegas mengevakuasi kota.

Taliban, yang berusaha untuk mengubah hukum Islam yang ketat setelah ouster 2001 mereka, telah membuat keuntungan teritorial yang cepat selama dua bulan terakhir tetapi belum merebut ibu kota provinsi mana pun.

"Sejak Kamis pagi, Taliban telah melancarkan serangan dari beberapa arah di kota Lashkargah," kata seorang pejabat pemerintah kepada Reuters dalam kondisi anonimitas. Lashkargah adalah ibu kota Helmand, provinsi selatan yang berbatasan dengan Pakistan.

Pejabat itu menambahkan bahwa pasukan keamanan Afghanistan sejauh ini menahan upaya Taliban untuk mengambil kota itu dengan bantuan angkatan udara Afghanistan, tetapi operasi terhambat oleh kehadiran warga sipil di daerah itu.

"Ratusan keluarga telah meninggalkan daerah itu dan pindah ke tempat lain yang lebih aman," kata Hafiz Ahmad, seorang penduduk dari satu lingkungan Lashkargah di mana bentrokan sedang berlangsung, kepada Reuters.

Dia mengatakan mereka yang tidak dapat bergerak telah mengunci diri di rumah mereka, dan kota itu menjadi sepi, kecuali suara senjata dan tembakan artileri yang bergema melalui lingkungan.

Sebuah laporan PBB minggu ini mengatakan korban sipil telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir di Afghanistan, dengan sebanyak yang terbunuh pada Mei dan Juni seperti dalam empat bulan sebelumnya. Laporan itu tidak mencakup korban pada bulan Juli, ketika pertempuran semakin intensif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.