Sukses

Laporan AS: COVID-19 Varian Delta Dapat Menular seperti Cacar Air

Laporan CDC internal mengatakan COVID-19 varian Delta mungkin akan menembus perlindungan yang didapat dari vaksinasi

Liputan6.com, Jakarta - Dokumen internal di Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dalam The New York Times pada hari Jumat, melaporkan bahwa COVID-19 Varian Delta sama menularnya dengan chickenpox atau cacar air dan dapat menyebabkan sakit parah.

Perkembangan terbaru ketika Presiden AS, Joe Biden mengatakan kemungkinan besar pedoman atau pembatasan baru akan diberlakukan sebagai tanggapan atas peningkatan kasus COVID-19, demikian dilansir dari laman Aljazeera, Sabtu (31/7/2021).

Varian Delta disalahkan atas meledaknya infeksi, tidak hanya di AS, tetapi seluruh dunia. Termasuk beberapa negara Asia di mana kasus telah membuat perawatan kesehatan kewalahan.

Di China, otoritas kesehatan melaporkan bahwa lonjakan infeksi paling serius dalam beberapa bulan menyebar ke dua wilayah lagi pada hari Sabtu, Provinsi Fujian dan kota besar Chongqing, dengan setidaknya 200 kasus terkait klaster Delta di Nanjing.

Laporan AS mengatakan Varian Delta jauh lebih mungkin akan menembus perlindungan mereka yang sudah diberikan vaksinasi, menambahkan bahwa keputusan CDC untuk mengembalikan pedoman bermasker untuk warga yang divaksinasi penuh pada hari Selasa.

Sebelumnya, badan tersebut mengatakan bahwa mereka yang sudah divaksinasi tidak perlu memakai masker dalam ruangan.

Menurut para ahli yang dikutip, CDC menggambarkan bahwa vaksin sangat efektif dalam mencegah penyakit serius, rawat inap, dan kematian pada orang yang divaksinasi.

Laporan tersebut juga menyebutkan Varian Delta yang pertama kali dilaporkan di India lebih mudah menular daripada virus yang menyebabkan MERS, SARS, Ebola, flu biasa, flu musiman, dan cacar.

Direktur CDC, Rochelle Walensky mengatakan penelitian baru menunjukkan orang yang divaksinasi dan terinfeksi varian Delta membawa sejumlah besar virus di hidung dan tenggorokan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Load Tinggi

Sementara itu, sebuah studi CDC baru yang diterbitkan pada hari Jumat menunjukkan bahwa tiga perempat orang yang terinfeksi COVID-19 di acara-acara publik di daerah Massachusetts telah divaksinasi sepenuhnya, menunjukkan varian Delta sangat menular.

Studi ini mengidentifikasi 469 orang dengan COVID-19, 74 persen di antaranya vaksinasi penuh, setelah acara publik besar di Barnstable County negara bagian.

Pengujian mengidentifikasi varian Delta pada 90 persen spesimen virus dari 133 orang.

"Viral load serupa pada orang yang divaksinasi penuh dan mereka yang tidak divaksinasi," kata CDC.

Viral load yang tinggi menunjukkan peningkatan risiko penularan dan menimbulkan kekhawatiran bahwa tidak seperti varian lain, orang yang divaksinasi dan terinfeksi Varian Delta dapat menularkan virus, jelas CDC.

Temuan laporan itu "mengkhawatirkan dan merupakan penemuan penting yang mengarah pada rekomendasi masker yang diperbarui dari CDC," kata Walensky dalam sebuah pernyataan.

Para pejabat telah memperingatkan meningkatnya infeksi COVID-19 di AS, terutama di antara sekitar setengah dari populasi yang tetap tidak divaksinasi, meskipun vaksinasi terbilang berhasil melihat kelebihan stok inokulan.

Keragu-raguan vaksin di antara besar negara itu, yang sebagian besar didorong oleh informasi yang salah, telah menggagalkan harapan pemerintah untuk mengendalikan virus dalam beberapa bulan setelah vaksin disetujui untuk penggunaan darurat.

Washington telah menggunakan metode yang semakin blak-blakan untuk mendorong warga yang tersisa untuk divaksinasi, termasuk mengharuskan karyawan federal untuk suntik vaksin COVID-19 atau tunduk pada pengujian wajib dan pembatasan lainnya.

Pada hari Kamis, pemerintahan Biden meminta pemerintah negara bagian dan lokal untuk menawarkan pembayaran $100 (1,4 juta) untuk orang Amerika yang baru divaksinasi, didanai oleh $350 miliar (5 Kuadriliun rupiah) dalam bantuan yang diberikan berdasarkan Undang-Undang Rencana Penyelamatan Amerika.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.