Sukses

31 Juli 1965: Lahirnya J.K Rowling, Penulis Buku Laris Harry Potter

Siapa yang tak kenal dengan karya legendaris Harry Potter. Kisah dunia sihir yang mendunia sukses membawa kita terlena akan dunia fantasi karya J.K Rowling yang hari ini berulang tahun.

Liputan6.com, Jakarta - J.K. Rowling berbagi hari ulang tahunnya bersama karakter fiksi populer ciptaannya sendiri, Harry Potter. Hari ini Rowling genap berusia 56 tahun, sedangkan Harry siap merayakan ulang tahunnya yang ke-41.

Ibu tunggal bernama lengkap Joanne Kathleen Rowling, lahir pada 31 Juli 1965, di Yale, Gloucestershire, Inggris. J.K Rowling dikenal dengan karya fantasinya yang mendunia. Bahkan dunia sihir fantasi buatannya sukses dalam novel terlaris dan film yang masuk jajaran berpendapatan tinggi.

Mendengar kata J.K. Rowling pasti identik dengan Harry Potter , penyihir muda berbakat yang terpilih melawan penyihir jahat, Voldemort.

J.K. Rowling semasa hidupnya telah berhasil membuat salah satu fandom terbesar sepanjang masa yaitu Pottermore. Situs fandom yang dibuat khusus untuk dunia sihir. Di sana Anda akan disajikan seluruh informasi mengenai dunia sihir Harry Potter.

Dilansir dari Hindustan Times pada Jumat, 30 Juli 2021, J.K Rowling sebagai penulis sudah menerbitkan buku Harry Potter, cerita pendeknya, karya non-fiksinya, dan karyanya dengan nama samaran Robert Galbraith. Karya-karyanya membuatnya masuk ke daftar penulis terhebat di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Filantropis

Selain sebagai penulis buku, Rowling juga seorang produser dan filantropis. Ia telah berdonasi ke berbagai badan amal seperti penggalangan dana The UK Anti-Poverty Fundraiser, International Fund for Children and Young People in Crisis.

Harry Potter menjadi salah satu karya tulisnya yang mendunia. Bahkan novelnya diangkat menjadi film dengan catatan pencapaian yang luar biasa.

Sementara itu, pada masa pandemi, J.K. Rowling telah merilis buku lain untuk anak-anak berjudul The Ickabog, yang tersedia untuk dibaca online secara gratis melalui Kindle serta edisi paperback yang dirilis pada musim gugur tahun 2020.

Meskipun awalnya diperuntukan bagi anak-anak. Penulis merasa masa lockdown adalah waktu yang sulit. Semua orang dapat mengambil manfaat dari The Ickabog. Ia juga mengatakan bahwa ini bukanlah spin-off Harry Potter.

Pada kesempatan ulang tahunnya yang ke-56, penggemar Harry Potter merayakan seorang penulis ikonik, orang yang cerdas dan dermawan. Rowling mengajarkan bagaimana perjuangan sesungguhnya seorang manusia. Seperti yang dikatakan Ginny Weasley, "Segala sesuatu mungkin saja bisa terjadi. Jika Anda memiliki tekad yang kuat."

 

Reporter: Bunga Ruth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.