Sukses

2 Agustus 1980: 85 Orang Tewas dan 200 Terluka dalam Teror Bom di Bologna Italia

Ledakan bom besar telah menghancurkan stasiun kereta api Bologna, Italia, menewaskan 85 orang.

Liputan6.com, Bologna - Ledakan bom besar telah menghancurkan stasiun kereta api Bologna, menewaskan 85 orang. Bom meledak pada 10.25 waktu setempat di ruang tunggu ber-AC, yang penuh sesak dengan orang-orang yang mencoba melarikan diri dari panas.

Sebagian besar korban ledakan adalah orang Italia, tetapi diyakini beberapa turis asing termasuk di antara orang mati. Lebih dari 200 orang juga terluka.

Sebuah kelompok neo-fasis menghubungi surat kabar Roma tiga jam setelah serangan untuk mengatakan itu menanam bom, tetapi klaim serupa juga telah dibuat oleh Brigade Merah yang paling kiri.

Profesor universitas Malcolm Quantrill mengatakan dia baru saja mencapai jendela tiket di aula pemesanan ketika dia melihat "kilatan cahaya kuning".

Warga London berusia 44 tahun itu mengatakan: "Saya tidak mendengar ledakan - hanya kecelakaan batu jatuh dan suara pecahan kaca saat jendela tiket hancur.

"Ada darah di seluruh tubuhku. Semua orang berlari, berteriak dan berteriak."

Saksi lain, Simon Gray, 22, mengatakan bagian 150 kaki (46 m) dari fasad stasiun kereta api runtuh dalam ledakan itu.

Turis Inggris, dari Birmingham, mengatakan kepada wartawan: "Orang-orang keluar dari stasiun dengan aliran darah dari luka mereka.

"Satu pria paruh baya dibawa ke ambulans dengan darah mengalir dari kaki yang terputus."

Ruang tunggu kelas dua tempat perangkat ditanam dihancurkan, seperti halnya restoran yang berdampingan.

Lebih dari seribu penyelamat mencari sisa-sisa stasiun untuk orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan.

Pasukan berjaga-nama di luar daerah itu, tetapi puluhan orang yang bergegas ke tempat kejadian berhasil masuk ke bangunan yang hancur untuk mencari kerabat dan teman-teman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Konteks

Ini adalah salah satu serangan teror paling mematikan dalam sejarah Italia dan telah dikenal di negara itu sebagai Strage in Bologna - pembantaian Bologna.

Tiga hari setelah tragedi itu protes massal untuk mengekspresikan rasa jijik pada pemboman itu membuat Italia terhenti selama dua jam.

Beberapa orang ditangkap dalam beberapa minggu setelah ledakan, tetapi tidak ada yang diadili atas kejahatan itu.

Secara luas diyakini serangan itu dilakukan oleh ekstremis sayap kanan - mungkin untuk membangkitkan opini publik terhadap komunis Italia.

Pemboman juga datang pada hari yang sama pengadilan Bologna mengirim delapan orang, termasuk neo-fasis terkenal Mario Tutti, untuk diadili untuk serangan kereta api lain enam tahun sebelumnya.

Ledakan di Italicus Express dari Roma ke Brenner pada 4 Agustus 1974 menewaskan 12 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini