Sukses

Presiden Duterte Pulihkan Perjanjian Militer Filipina dengan AS

Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan memulihkan perjanjian militer antara Filipina dengan AS.

Liputan6.com, Manila - Presiden Rodrigo Duterte telah memulihkan pakta yang mengatur kehadiran pasukan AS di Filipina, sekretaris pertahanan kedua negara mengumumkan pada hari Jumat, mencabut keputusan yang telah menyebabkan meningkatnya kekhawatiran di antara para pembuat kebijakan di Washington dan Manila.

Mengutip Al Jazeera, Jumat (30/7/2021), The Visiting Forces Agreement (VFA) memberikan aturan untuk rotasi ribuan tentara AS masuk dan keluar Filipina untuk latihan perang. Ini telah menjadi semakin penting karena Amerika Serikat dan sekutunya bersaing dengan China yang semakin tegas, khususnya di Laut China Selatan yang disengketakan.

“Izinkan saya berterima kasih kepada Presiden Duterte atas keputusannya untuk sepenuhnya memulihkan perjanjian pasukan kunjungan,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Jumat dalam konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Filipina, Delfin Lorenza.

Keputusan Duterte memberikan AS "beberapa tingkat kepastian ke depan," katanya, mencatat peran AS dalam "upaya kontra-pemberontakan" di pulau selatan Mindanao.

“Kita bisa merencanakan lebih jauh sebelumnya dan dengan perencanaan jangka panjang itu, kita sebenarnya bisa melakukan latihan yang lebih komprehensif.”

Duterte mengatakan tahun lalu bahwa dia berencana untuk membatalkan VFA tetapi memperpanjangnya hingga Desember.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eratkan Hubungan AS-Filipina

Lorenzana mengatakan, dia tidak yakin mengapa Duterte berubah pikiran tetapi membuat keputusan setelah bertemu Austin di Manila pada Kamis malam.

“Negara-negara kita menghadapi berbagai tantangan, dari krisis iklim hingga pandemi,” katanya, seraya menambahkan bahwa aliansi Filipina-AS “akan tetap vital bagi keamanan, stabilitas, dan kemakmuran Indo-Pasifik,” katanya.

“VFA yang dipulihkan sepenuhnya akan membantu kami mencapai tujuan itu bersama-sama.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, juru bicara Duterte Harry Roque mengatakan keputusan presiden itu "didasarkan pada penegakan kepentingan inti strategis Filipina."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.