Sukses

Status Darurat COVID-19 Jepang Diperluas Akibat Lonjakan Kasus Olimpiade Tokyo 2020

Status darurat COVID-19 di Jepang akan diperluas.

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Jepang pada Jumat (30/7) mengusulkan keadaan darurat hingga 31 Agustus di tiga prefektur dekat tuan rumah Olimpiade Tokyo dan prefektur barat Osaka, ketika kasus COVID-19 melonjak ke rekor, membayangi Olimpiade Musim Panas.

Keadaan darurat yang ada untuk Tokyo - yang keempat sejak pandemi dimulai - dan pulau Okinawa selatan juga harus diperpanjang hingga 31 Agustus, Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura, yang mempelopori respons pandemi Jepang, mengatakan kepada panel ahli dalam mengumumkan perluasan yang diusulkan. Demikian seperti melansir laman Channel News Asia, Jumat (30/7/2021). 

Perdana Menteri Yoshihide Suga diperkirakan akan secara resmi mengumumkan langkah tersebut pada hari Jumat setelah para ahli menyetujuinya.

Jepang telah menghindari wabah COVID-19 yang menghancurkan, tetapi sekarang berjuang untuk menahan varian Delta yang sangat menular, dengan kasus harian nasional mencapai 10.000 untuk pertama kalinya pada hari Kamis.

Jepang telah memberlakukan serangkaian deklarasi "keadaan darurat", tetapi sebagian besar perintahnya bersifat sukarela, tidak seperti negara lain yang memberlakukan penguncian ketat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lonjakan Kasus COVID-19

Banyak orang sudah bosan dengan permintaan tinggal di rumah, dengan beberapa bar menolak untuk mematuhi pembatasan layanan, dan penundaan peluncuran vaksinasi Jepang.

Menteri Kesehatan Norihisa Tamura mengatakan negara itu telah memasuki tahap "sangat menakutkan" baru karena kasus-kasus melonjak meskipun pergerakan orang tidak meningkat, dan mengatakan varian Delta yang sangat menular adalah faktor besar.

"Saya pikir orang tidak dapat melihat ke depan dan, mengkhawatirkan berapa lama situasi ini akan berlangsung, mereka merasa tak tertahankan bahwa mereka tidak dapat kembali ke kehidupan normal sehari-hari," katanya kepada panel tersebut.

Lonjakan kasus COVID-19 adalah berita buruk bagi Suga, yang tingkat dukungannya sudah mencapai titik terendah sejak ia menjabat September lalu dan yang menghadapi persaingan kepemimpinan partai yang berkuasa dan pemilihan umum akhir tahun ini.

Tokyo mengumumkan rekor 3.865 infeksi harian pada Kamis, naik dari 3.177 sehari sebelumnya. 

Lonjakan mulai membebani sistem medis, dengan 64 persen tempat tidur rumah sakit Tokyo tersedia untuk kasus COVID-19 yang serius sudah terisi pada hari Rabu.

3 dari 4 halaman

Bantah Kaitan dengan Olimpiade Tokyo

Suga dan penyelenggara Olimpiade telah membantah ada hubungan antara Olimpiade Tokyo 2020 dan lonjakan tajam baru-baru ini dalam kasus.

Berbeda dengan pembatasan sukarela dan tingkat vaksinasi yang rendah di tempat lain di Jepang, desa Olimpiade di Tokyo untuk atlet dan pelatih menawarkan lebih dari 80 persen vaksinasi, pengujian adalah wajib dan pergerakan sangat dibatasi.

Atlet dan peserta lain dari seluruh dunia harus mengikuti aturan ketat untuk mencegah penyebaran virus di dalam "gelembung Olimpiade" atau ke kota yang lebih luas. Penonton pun dilarang dari sebagian besar tempat.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.