Gempa Alaska Magnitudo 8,2 Disebut yang Terkuat Sejak 1964

Oleh Tanti Yulianingsih pada 30 Jul 2021, 10:53 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 10:54 WIB
Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Alaska - Lepas pantai Alaska diguncang gempa bumi bermagnitudo 8,2 pada Rabu 28 Juli 2021 malam waktu setempat. Bahkan dilaporkan memicu peringatan tsunami di sejumlah wilayah juga termasuk Hawaii.

"Gempa berkekuatan 8,2 yang melanda lepas pantai Alaska Rabu malam adalah yang terkuat sejak 1964," seorang pihak berwenang mengatakan kepada CNN yang dikutip Jumat (30/7/2021).

Menurut Survei Geologi AS, gempa yang sangat kuat itu terletak sekitar 56 mil (91 kilometer) timur tenggara Perryville, Alaska, dan terjadi Rabu 28 Juli sekitar pukul 22.15. Pada kedalaman 29 mil (46,7 km) -- gempa dianggap dangkal.

"Peristiwa ini terasa di seluruh Semenanjung Alaska dan Kodiak," menurut Alaska Earthquake Center (Pusat Gempa Alaska).

Setidaknya ada dua gempa susulan yang kuat, termasuk yang awal terdeteksi bermagnitudo 6,2 dan 5,6, lapor USGS.

"Kami sekarang semua sudah mengerti dan dengan cemas menunggu pengumuman tentang gelombang yang menghantam pulau (kami)," kata Wali Kota Kodiak Pat Branson kepada CNN melalui email.

"Dewan Operasi Darurat sudah bangun dan bekerja memantau dan memberi tahu publik tentang pembaruan apa pun. Warga melakukan (evakuasi). Ini adalah gempa terkuat sejak 1964 dan evakuasi ketiga kami dalam 18 bulan. Tapi kami semua baik dan bersyukur sekarang."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Potensi Tsunami Sudah Dicabut

20151111-Ilustrasi Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk sebagian negara bagian itu tak lama setelah gempa telah dibatalkan untuk wilayah pesisir Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska dan Kepulauan Aleutian, menurut pembaruan terbaru dari National Tsunami Warning Center (Pusat Peringatan Tsunami Nasional).

"Tsunami dihasilkan oleh peristiwa ini, tetapi tidak lagi menimbulkan ancaman," kata Peringatan Tsunami Nasional.

Polisi di Kodiak, Kota terbesar di Pulau Kodiak, menyarankan warga setelah gempa untuk pindah ke tempat tinggi, menambahkan bahwa sekolah menengah dibuka sebagai lokasi evakuasi.

Saat level alert berubah ke warning menjadi advisory, Departemen Kepolisian Kodiak mengatakan dalam sebuah pesan, "Status Kodiak telah diturunkan ke Tsunami Advisory (Waspada Tsunami) namun kami tidak semuanya mengerti."

"Kodiak berada di dekat ujung barat laut Pulau Kodiak, yang merupakan pulau terbesar di Alaska dan merupakan pulau terbesar kedua di AS.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk Hawaii tetapi kemudian dibatalkan. "Berdasarkan semua data yang tersedia, tidak ada ancaman tsunami," kata National Weather Service (NWS) Pacific Tsunami Warning Center.

Tingkat bahaya tsunami sedang dievaluasi untuk pantai Pasifik AS dan Kanada lainnya di Amerika Utara, menurut NWS.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya