Sukses

Dubes Baru China Tiba di Washington, Sampaikan Optimisme Terhadap Hubungan dengan AS

Dubes baru China untuk AS, Qin Gang, menyampaikan harapannya untuk kemenangan AS melawan COVID-19 dan potensi besar hubungan bilateral.

Liputan6.com, Washington D.C - Duta Besar baru China untuk Amerika Serikat, Qin Gang, pada Rabu (28/7) menyampaikan harapannya untuk kemenangan AS melawan COVID-19. 

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (29/7/2021) Dubes Qin Gang pun menyampaikan harapan akan potensi besar hubungan bilateral AS-China, dengan nada optimis.

Kedatangan Dubes Qin Gang terjadi beberapa hari setelah pembicaraan tingkat tinggi di kota Tianjin, China utara, antara Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman dan diplomat senior China berakhir dengan kedua belah pihak mengisyaratkan bahwa pihak lain harus membuat konsesi untuk memperbaiki hubungan.

Dubes Qin Gang (55) seorang wakil menteri luar negeri yang portofolio sebelumnya baru-baru ini mencakup urusan dan protokol Eropa, menggantikan duta besar terlama China untuk AS, Cui Tiankai (68), yang bulan lalu mengumumkan akhir tugasnya setelah delapan tahun bertugas di Washington.

"Saya sangat yakin bahwa pintu hubungan China-AS, yang sudah terbuka, tidak dapat dan tidak boleh ditutup," tutur Dubes Qin Gang kepada wartawan di kediamannya di Washington D.C setelah tiba dari bandara.

"Hubungan China-AS telah mencapai titik kritis baru, tidak hanya menghadapi banyak kesulitan dan tantangan, tetapi juga peluang dan potensi besar," kata Dubes Qin Gang.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dubes Baru China Sebut Ekonomi AS Membaik di bawah Pemerintahan Joe Biden

Dubes Qin Gang menyebut hubungan kedua negara terus bergerak maju "meskipun berliku-liku", dan menambahkan bahwa ekonomi AS membaik di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden.

"Saya berharap negara ini meraih kemenangan awal melawan pandemi," tambahnya.

Dubes Qin Gang, yang melakukan dua tugas sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri China antara tahun 2006 dan 2014, ,memiliki reputasi untuk pertahanan publik yang sering menunjukkan posisi negaranya.

Hubungan antara Beijing dan Washington menurun pada masa pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump, dan Biden telah mempertahankan tekanan pada China, meningkatkan sanksi terhadap pejabat China dan berjanji bahwa negara itu tidak akan menggantikan Amerika Serikat sebagai pemimpin dunia di bawah pengawasannya.

Kementerian Luar Negeri China baru-baru ini mengisyaratkan mungkin ada prasyarat bagi AS di mana setiap jenis kerja sama akan bergantung, sebuah sikap yang menurut beberapa analis meninggalkan prospek suram untuk hubungan yang lebih baik.

Jabatan duta besar AS untuk China telah kosong sejak Oktober 2020, ketika Terry Branstad dari Partai Republik mengundurkan diri untuk membantu kampanye pemilihan kembali Trump.

Dengan banyak jabatan duta besar AS untuk negara-negara sekutu yang masih belum terisi, Biden belum mencalonkan pengganti China, meskipun mantan duta besar untuk NATO Nicholas Burns dianggap sebagai kandidat utama di kalangan kebijakan luar negeri.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini