Sukses

Anjing Laut Langka Mati Dibunuh, Warga Yunani Tuntut Keadilan

Yunani dikejutkan dengan kematian anjing laut langka di Pulau Alonissos. Warga di sana pun menyerukan agar keadilan ditegakkan.

Liputan6.com, Athena - Pecinta satwa liar di Yunani dikejutkan dengan kematian anjing laut langka yang begitu dicintai banyak orang. 

Kejadian itu terjadi di Pulau Alonissos, Yunani. Warga di sana pun menyerukan agar keadilan ditegakkan dalam kasus tersebut.

Dikutip dari laman BBC, Selasa (27/7/2021) otoritas Yunani sedang mencari pembunuh Kostis, seekor anjing laut biarawan Mediterania, yang menjadi simbol pulau itu.

Nama Kostis diambil dari nama nelayan yang menyelamatkannya setelah badai melanda pulau tersebut pada 2018.

Sebuah badan amal anjing laut Yunani yang merawat Kostis selama beberapa bulan menduga dia dibunuh dengan senjata tombak.

Diketahui, anjing laut yang terancam punah dilindungi oleh hukum Yunani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menuntut Keadilan

"Kostis dieksekusi dari jarak dekat dengan senjata tombak", kata badan amal itu, yang bernama MOm.

"Tombak itu kemungkinan berasal dari sebuah kapal," ungkap juru bicara MOm, Dimitris Tsiakalos kepada BBC.

Badan amal itu pun mendesak mereka yang memiliki informasi untuk menghubungi polisi, dan mengatakan untuk menuntut pelaku yang membunuh Kostis.

Setelah diselamatkan, Kostis si anjing laut dilepaskan ke National Marine Park of Alonissos dan Sporades Utara.

Di platform Facebook, banyak pengguna yang telah membagikan kenangan mereka melihat anjing laut itu di lepas pantai pulau dan menyerukan agar pelaku pembunuh Kostis segera diadili.

Mungkin ada kurang dari 700 anjing laut biarawan Mediterania di alam liar, dengan hampir setengahnya tinggal di Yunani.

Anjing laut biarawan Mediterania sekarang dianggap terancam punah, dan para peneliti memperingatkan kelangsungan hidup mereka "jauh dari aman".

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.