Sukses

5 Lukisan Maestro Dunia dan Misteri Cerita di Baliknya

Inilah 5 lukisan terkenal di dunia dan cerita dibalik pembuatannya. Salah satunya karya Pablo Picasso dan Leonardo da VInci.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar dapat mewakili seribu kata. Seperti teks, seni sering dimaksudkan untuk “dibaca” melalui dekonstruksi kritis. Lukisan bisa jauh lebih rumit daripada yang terlihat pada pandangan pertama dan bahkan sulit untuk diuraikan, jika yang melihatnya tak paham.

Ikonografi—bahasa simbolik dari sebuah karya seni tertentu—bisa rumit dan canggih, yang mencerminkan kesadaran kolektif atau diambil dari pengalaman pribadi sang seniman.

Mengapa seseorang menghindari kata-kata tertulis demi cat dan kanvas? Seniman Amerika abad ke-20 Edward Hopper tampaknya memiliki jawabannya. "Jika saya bisa mengatakannya dengan kata-kata," katanya, "tidak akan ada alasan untuk melukis."

Kisah-kisah yang diceritakan oleh karya seni — dan tentangnya — secara harfiah adalah bahan novel. Girl with a Pearl Earring karya Johannes Vermeer mengilhami novel dengan judul yang sama karya penulis Tracy Chevalier. Buku itu kemudian diubah menjadi film yang dibintangi Scarlett Johansson. Hampir 40 tahun setelah Irving Stone menulis biografinya tentang kehidupan Michelangelo, The Da Vinci Code karya Dan Brown mengubah kehidupan dan karya master Renaisans menjadi kejar-kejaran selama ribuan tahun sebelumnya.

13 September 2019, menandai rilis sinematik yang luas dari eksponen genre terbaru: The Goldfinch, berdasarkan novel pemenang Hadiah Pulitzer karya Donna Tartt. Buku ini berpusat di sekitar pencurian fiksi lukisan eponim seniman Belanda Carel Fabritius setelah ledakan mengguncang Museum Seni Metropolitan New York. Ironisnya, Fabritius meninggal dalam ledakan mesiu yang menghancurkan pada tahun 1654, tak lama setelah menyelesaikan pekerjaannya yang paling berkesan.

Keberhasilan yang dinikmati oleh buku Tartt mengangkat The Goldfinch ke status rockstar, dikerumuni oleh orang banyak yang bertekad untuk melihat sekilas burung kecil yang ditambatkan oleh rantai halus.

Berikut ini lukisan paling terkenal di dunia ini dan kisah menarik di baliknya, dilansir dari laman Stacker, Jumat (30/7/2021):

1. Guernica

Lukisan Guernica (wikimedia commons)

Pelukis  : Pablo Picasso

Tahun   : 1937

Massa besar yang berubah-ubah dari tokoh-tokoh yang terdistorsi dan menderita, Guernica karya Pablo Picasso adalah tanggapan pribadi sang seniman terhadap pemboman mengerikan yang dilakukan oleh Jerman di kota kecil Basque pada tahun 1937.

Dipamerkan di Exposition Internationale des Arts et Techniques dans la Vie Moderne pada tahun yang sama, lukisan itu adalah permohonan perdamaian di era konflik brutal, baik Perang Saudara Spanyol maupun awal Perang Dunia II.

Picasso dengan tegas melarang pameran karyanya di Spanyol hingga negara itu menjadi republik. Sementara tanah airnya tidak pernah memenuhi permintaan itu, lukisan itu terlihat—di balik kaca anti peluru—di Prada di Madrid pada tahun 1981, enam tahun setelah kematian diktator Francisco Franco.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. The Scream

Pelukis  : Edvard Munch

Tahun   : 1893

Dikenal sebagai The Scream, karya ekspresionis seniman Norwegia Edvard Munch sering ditafsirkan sebagai respons utama terhadap tekanan berlebihan dari kehidupan modern. Awalnya berjudul The Shriek of Nature, gambar itu dibuat dengan maksud yang sama sekali berbeda.

Seperti yang diceritakan oleh Munch sendiri, "Suatu malam saya sedang berjalan di sepanjang jalan setapak, kota berada di satu sisi dan fjord (semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glacier yaitu tumpukan es yang sangat tebal dan berat) di bawahnya. Saya merasa lelah dan sakit. Saya berhenti dan melihat ke fjord. Matahari terbenam, dan awan berubah menjadi merah darah. Saya merasakan jeritan melewati alam; sepertinya saya mendengar teriakan itu. Saya melukis gambar ini, melukis awan sebagai darah yang sebenarnya. Warnanya seperti berteriak."

Lukisan ikonik itu dicuri dari Galeri Nasional Oslo pada tahun 1994; pelakunya ditangkap dan lukisan itu pulih beberapa bulan kemudian. Ironisnya, versi 1910 dari The Scream diambil di siang bolong dari Museum Munch pada tahun 2004. Namun, akhirnya berhasil ditemukan juga, meskipun ada kekhawatiran lukisan itu akan dihancurkan.

3. Salvator Mundi

Salvator Mundi (creative commons)

Pelukis  : Leonardo da Vinci

Tahun   : 1500

Diyakini lukisan ini selama bertahun-tahun sebagai produk studio Leonardo da Vinci, atau bahkan salinan karya yang hilang dari master Renaisans. Salvator Mundi dijual di lelang pada 2017 dengan harga mencapai $450,3 juta (6 triliun rupiah) setelah para ahli mencapai konsensus bahwa lukisan itu adalah karya dari da Vinci.

Diduga dimiliki Louvre Abu Dhabi, panel kecil itu menghilang dari pandangan publik segera setelah dilelang di Christie's. Diyakini menjadi milik seorang pangeran Saudi (mungkin Mohammad bin Salman), baik dikunci di brankas bank Swiss atau dipajang di kapal pesiar mewah di suatu tempat di laut lepas.

4. Demoiselles d’Avignon

Demoiselles d’Avignon (creative common)

Pelukis  : Pablo Picasso

Tahun   : 1907

Lukisan ini disebut ikon Kubisme.

Potret kelompok yang berani karya Pablo Picasso satu ini menggambarkan sekelompok pelacur Spanyol yang tidak tahu malu mendapat tanggapan hangat dari rekan kerja dan kritikus. Ia menggunakan varian bidang datar dan geometris, terinspirasi baik dari seni Afrika maupun seni Iberia kuno.

5. Mona Lisa

Mona Lisa (creative commons)

Pelukis  : Leonardo da Vinci

Tahun   : 1503

Perempuan misterius Leonardo ini telah membuat penasaran selama berabad-abad. Secara tradisional diidentifikasi sebagai wanita bangsawan Italia Lisa Del Giocondo, banyak hipotesis telah diajukan mengenai identitas perempuan tersebut serta penjelasan untuk senyumnya yang tampak penuh teka-teki.

Pencitraan multi-spektral ekstensif yang dilakukan oleh Lumiere Technology pada tahun 2006, yang mengungkap pernis selama bertahun-tahun, tidak menjelaskan alasan di balik ekspresi wajah Mona Lisa, tetapi itu mengungkapkan bahwa senyumnya awalnya lebih lebar daripada yang terlihat hari ini.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.