Sukses

Indonesia hingga Italia, Demonstrasi Kebijakan COVID-19 Terjadi Saat Pandemi

Puluhan ribu orang di beberapa negara, termasuk Prancis dan Italia, hingga Indonesia dan Australia, telah memprotes berbagai kebijakan seputar COVID-19.

Liputan6.com, Paris - Puluhan ribu orang di beberapa negara, termasuk Prancis dan Italia, telah memprotes langkah-langkah lockdown COVID-19, dengan polisi Prancis menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan demonstran di ibukota Paris.

Di Prancis, diperkirakan 160.000 turun ke jalan dalam protes nasional terhadap 'kartu kesehatan' yang dicanangkan Presiden Emmanuel Macron yang akan secara drastis membatasi akses ke restoran dan ruang publik untuk orang-orang yang tidak divaksinasi.

"Kebebasan, kebebasan", teriak para demonstran di Prancis, membawa plakat yang mengecam "Macron, seorang tiran", "Big Pharma membelenggu kebebasan", demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (25/7/2021).

Skema serupa, yang disebut "green pass", telah memicu demonstrasi di seluruh Italia. Orang-orang di Roma, Napoli dan Turin melantunkan "kebebasan" dan "runtuhlah kediktatoran" atas rencana untuk apa yang disebut "green pass".

Sertifikat akan diperlukan mulai awal bulan depan untuk makan di restoran dan mengunjungi bioskop di antara kegiatan dalam ruangan lainnya.

Banyak orang berkumpul tanpa mengenakan masker - tetapi jumlah tamu tentu lebih rendah dari yang diharapkan.

Ribuan orang juga telah berunjuk rasa di London, menentang apa yang mereka gambarkan sebagai erosi kebebasan sipil mereka.

Demonstran mengatakan aplikasi pelacak jejak pemerintah Inggris membatasi pergerakan mereka, dengan lebih dari 600.000 disuruh mengisolasi diri dalam satu minggu saja bulan ini. Protes datang seminggu setelah sebagian besar pembatasan COVID-19 di Inggris dicabut.

Sebelumnya, puluhan demonstran ditangkap setelah pawai yang tidak sah di Sydney, kota terbesar di Australia. Penyelenggara telah menjuluki protes itu sebagai unjuk rasa "kebebasan". Peserta membawa tanda dan spanduk bertuliskan "Wake up Australia" dan "Drain the Swamp".

Heidi Larson, seorang profesor antropologi di departemen epidemiologi penyakit menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan kepada Al Jazeera "ironisnya bagi mereka yang menginginkan kebebasan mereka, vaksin dapat memungkinkan kebebasan yang berbeda," katanya.

Gabriel Scally, seorang profesor tamu kesehatan masyarakat di University of Bristol, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tidak ada yang baru bagi oposisi terhadap langkah-langkah pandemi.

"Saya pikir aksi unjuk rasa ini relatif kecil. Sepanjang jalan melalui pandemi, kami telah melihat sekelompok kecil orang yang telah turun ke jalan untuk mengekspresikan penentangan mereka terhadap berbagai hal," katanya.

"Beberapa percaya bahwa virus tidak ada, bahwa COVID-19 tidak ada. Beberapa orang berpikir bahwa itu adalah konspirasi dari segala macam orang, termasuk Bill Gates."

"Ini bukan sesuatu yang baru. Ada penentangan terhadap vaksin dalam sejarah. Ini baru dan orang-orang berurusan dengan berbagai masalah. Selalu ada sekelompok kecil orang yang menentang."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia hingga Yunani

Secara terpisah, di Indonesia dan Inggris, pemerintah telah mengajukan pelonggaran pembatasan bahkan dalam menghadapi infeksi yang melonjak. Pada saat yang sama, aksi protes yang menolak perpanjangan pembatasan COVID-19 mulai bermunculan.

Sementara itu, sekitar 5.000 orang berdemonstrasi di Athena, membawa plakat menggembar-gemborkan slogan-slogan seperti, "Jangan sentuh anak-anak kita", menurut seorang jurnalis AFP di tempat kejadian.

Di Sydney, demonstran melempari petugas dengan tanaman pot dan botol air saat mereka menentang perintah tinggal di rumah selama sebulan, sehari setelah pihak berwenang menyarankan pembatasan dapat tetap diberlakukan hingga Oktober.

Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian mengatakan dia "benar-benar jijik" oleh para demonstran yang "tindakan egoisnya telah membahayakan keselamatan kita semua".

Polisi mengatakan mereka mengeluarkan hampir 100 denda dan menangkap 57 orang. Di Melbourne, sementara itu, enam orang ditangkap, kata polisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.