5 Tanaman yang Bisa Menyerap Kelembaban di Rumah

Oleh Liputan6.com pada 29 Jul 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 21:00 WIB
Tanaman Hias
Perbesar
Ilustrasi tanaman hias (unsplash.com/Margarita Terekhova)

Liputan6.com, Jakarta - Kelembaban di rumah adalah masalah umum yang dialami banyak orang. selain menyebabkan kerusakan dinding dan langit-langit, ruangan yang lembab dapat menyebabkan jamur.

Paparan lingkungan seperti itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti hidung tersumbat, hingga mata dan kulit gatal.

Ada cara alami untuk mengontrol kelembaban dan jamur tersebut, yaitu dengan menggunakan tanaman hias untuk menyerap kelembaban secara alami di ruangan tertentu. Berikut 5 di antaranya, seperti dikutip dari laman Bright Side, Kamis (29/7/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Spider plant

Tanaman Hias
Perbesar
Tanaman Hias Spider Plant (Photo by Sanni Sahil on Unsplash)

Juga dikenal sebagai ivy laba-laba, tanaman pita. Tanaman ini dapat menyerap kelembaban lingkungan, sehingga sangat ideal untuk di rumah. Ia mampu menghilangkan racun udara rumah tangga biasa seperti formaldehida dan xilena.

Di dalam ruangan, spider plant membutuhkan penyinaran sedang. Jika ditempatkan di tempat teduh, tanaman ini bisa kehilangan pita putih yang menjadi cirinya khasnya. Namun, jika ditempatkan di bawah sinar matahari langsung, akan terbakar dengan mudah. Spider plant mentolerir kekeringan cukup baik. Terutama karena menyimpan air di sistem akarnya yang tebal. Sehingga tidak perlu terlalu sering disiram. Namun, selama musim panas atau saat panas, Anda harus meningkatkan frekuensi penyiraman. Tanaman ini cocok digantung di bak mandi, misalnya.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Anggrek

Tanaman anggrek (pixabay)
Perbesar
Tanaman anggrek (pixabay)

Tanaman indah ini selain membuat rumah nyaman, juga akan membantu mengurangi kelembaban di ruangan. Akarnya yang tidak berada di dalam tanah menyerap nutrisi dari udara di sekitar. Selain itu, beberapa dari tanaman anggrek diketahui memiliki pseudobulb, yang merupakan bagian yang mengkhususkan diri dalam menyimpan air dan membantu mereka mengatasi kondisi kekeringan dengan lebih baik. Menempatkannya di kamar mandi adalah ide yang bagus karena dapat menyerap kelembaban dari shower.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Tanaman palem

7 Tanaman Hias Penjernih Udara Alami di Dalam Rumah
Perbesar
Palem Areca. (dok. Severin Candrian/Unsplash)

Tanaman palem adalah pilihan tepat untuk membantu mengontrol tingkat kelembaban dan mencegah jamur, terutama di kamar mandi di mana hal-hal ini biasa terjadi. Tanaman palem akan menyerap kelembaban melalui daunnya. Varietas yang dapat dipertimbangkan untuk ditanam di rumah tidak terbatas pada pohon pinang atau bambu, pohon kurma kerdil, dan pohon palem alang-alang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. English Ivy

English Ivy (pixabay)
Perbesar
English Ivy (pixabay)

English Ivy adalah tanaman merambat yang sering tumbuh di pot gantung. Orang sering meletakkannya di sana agar tanaman tidak merambat ke dinding atau bagian rumah lain. seperti namanya, ini berasal dari pantai Atlantik Eropa. Habitat alaminya termasuk hutan lembab dan beriklim sedang. Tanaman ini idealnya ditempatkan di ruangan paling lembab di rumah Anda. Bisa jadi kamar mandi, bahkan mungkin dapur jika Anda merebus banyak pasta atau sayuran, misalnya. Tanaman ini juga cocok untuk digantung di wastafel dapur atau di samping jendela.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Peace lily

Peace lily (pixabay)
Perbesar
Peace lily (pixabay)

Peace lily dengan nama ilmiah Spathiphyllum, adalah tanaman tropis yang berasal dari beberapa bagian Amerika. Tanaman yang indah ini tidak mentolerir embun beku atau angin, sehingga umumnya ditanam di dalam ruangan di mana ia dapat berkembang dengan suhu yang relatif stabil. Anda hanya perlu menyiramnya sekitar seminggu sekali, dan selain itu, tidak membutuhkan banyak penyinaran. Peace lily bahkan dapat ditempatkan di kamar mandi.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya