Windy Cantika Aisah Sabet Medali Pertama untuk RI di Olimpiade Tokyo 2020, Dubes Jepang Beri Selamat

Oleh Tanti Yulianingsih pada 24 Jul 2021, 14:47 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 15:06 WIB
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji memberi ucapan selamat kepada Indonesia. (Facebook Kedutaan Besar Jepang di Indonesia)
Perbesar
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji memberi ucapan selamat kepada Indonesia. (Facebook Kedutaan Besar Jepang di Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Windy Cantika Aisah berhasil menyabet medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Ia mempersembahkan medali perunggu dari cabang angkat besi di nomor 49 kg yang bertanding pada, Sabtu (24/7/2021) WIB.

Mengetahui prestasi Windy Cantika Aisah, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji pun turut gembira. Ia lalu mengucapkan selamat atas capaian tersebut.

"Windy Cantika Aisah yang turun di cabang angkat besi putri 49 kg, berhasil mendapatkan medali perunggu!Selamat kepada tim Indonesia!!!," ucap Dubes Kenji melalui akun Facebook Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yang dikutip Sabtu. 

Dalam ucapan selamat teruntuk kemenangan Windy Cantika Aisah, Dubes Kenji juga menyertakan fotonya sambil memegang ponsel yang menunjukkan gambar perempuan 19 tahun itu memegang medali dari Olimpiade Tokyo 2020.

Windy Cantika Aisah berhasil mendapat total angkatan 194 kg dari dua kategori yang dipertandingkan, Snatch serta Clean & Jerk. Medali perak diraih atlet India, Chanu Mirabai, sementara medali emas dipetik atlet Tiongkok, Zhihui Hou.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pertandingan Sulit Bagi Windy Cantika Aisah

Windy Cantika Aisah Beri Indonesia Medali Pertama di Olimpiade Tokyo, Ini 6 Potretnya
Perbesar
Windy Aisah, atlet angkat beban yang sumbang medali pertama untuk Indonesia. (Sumber: Twitter/Olympics)

Pertandingan berjalan tak mudah untuk Windy. Di kategori Snatch, Windy dua kali gagal mengangkat bebannya. Pada percobaan pertama, ia tidak bisa mengangkat beban 84kg.

Windy baru berhasil mengangkat di percobaan kedua dengan total beban yang sama. Di percobaan ketiga, atlet berusia 19 tahun itu gagal mengangkat beban 87 kg.

Kegagalan di kategori Snatch dibayar lunas Windy di kategori Clean & Jerk. Ia melibas habis tiga percobaan dengan jumlah angkatan masing-masing 103, 108, dan 110.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya