Sukses

Hujan Lebat Picu Banjir dan Tanah Longsor di India, 110 Orang Tewas

Setidaknya 110 orang tewas akibat tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan lebat di negara bagian Maharashtra, India barat.

Liputan6.com, Maharashtra - Setidaknya 110 orang tewas akibat tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan lebat di negara bagian Maharashtra, India barat akhir pekan ini.

Hujan mengguyur ratusan desa, menyapu bersih rumah-rumah dan membuat warga terdampar.

Kru penyelamat telah berlomba untuk mengevakuasi korban selamat tetapi banyak orang dikhawatirkan hilang. demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (24/7/2021).

Militer India telah membantu upaya mitigasi, namun terhambat oleh kondisi sulit.

Negara bagian barat telah mencatat bencana berat setiap bulan Juli akibat musim hujan selama beberapa dekade.

Banyak faktor berkontribusi terhadap banjir, tetapi para ahli mengatakan perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global membuat curah hujan ekstrem lebih mungkin terjadi.

Pada hari Jumat para pejabat India mengatakan sebagian besar kematian telah disebabkan oleh tanah longsor dan banjir di dua distrik.

Para pejabat itu mengatakan setidaknya 38 orang tewas ketika longsor meratakan sebuah desa kecil di tenggara Mumbai, ibukota keuangan India.

Kepala menteri negara bagian itu, Udhav Thackeray, mengadakan pertemuan darurat, di mana ia meminta para pejabat untuk memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak.

Dia mengatakan pihak berwenang sedang mengevakuasi orang-orang dari daerah rentan ketika mereka melepaskan air dari bendungan yang akan meluap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perintah Penyelematan dari PM India

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan dia "menderita oleh hilangnya nyawa" dan akan memberikan bantuan kepada yang terkena dampak.

Angkatan laut India dan otoritas bencana telah dikirim untuk membantu operasi penyelamatan di daerah pesisir.

Satu distrik pesisir telah benar-benar terputus setelah jembatan dan menara bergerak di daerah itu runtuh.

Pihak berwenang telah meminta penduduk yang terdampar untuk pergi ke atap dari mana penyelamat di helikopter dapat melihat mereka.

Di Mumbai, dua orang meninggal dan 10 lainnya terluka setelah sebuah bangunan perumahan runtuh di wilayah kota pada hari Jumat.

Layanan kereta telah ditangguhkan dan daerah-daerah kota yang berbaring rendah telah berubah menjadi zona banjir.

Para ahli cuaca mengatakan hujan lebat akan terus mengguyur kota selama beberapa hari ke depan.

Hujan lebat di Mumbai tidak jarang terjadi. Kota ini mengalami banjir setiap tahun selama musim hujan, tetapi intensitas hujan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini