Sekjen PBB Antonio Guterres Sampaikan Dukungan Untuk Atlet Olimpiade

Oleh Natasha Khairunisa AmaniLiputan6.com pada 24 Jul 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2021, 09:00 WIB
Sekjen PBB, Antonio Guterres.
Perbesar
Sekjen PBB, Antonio Guterres. (Source: AP)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan "dengan bangga ia menyampaikan rasa hormat kepada para atlet Olimpiade dunia".

Pernyataan itu ia sampaikan dalam sebuah pesan video yang dirilis menjelang pembukaan pesta Olimpiade 2020 pada Jumat (23/7).

Selain itu, Guterres juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada warga Jepang yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

"Semangat Olimpiade memberikan yang terbaik dari umat manusia: kerjasama dan solidaritas, bakat, toleransi. Semua ini menginspirasi dan menyatukan kita pada masa-masa sulit ini. Kita semua berduka untuk mereka yang meninggal karena pandemi COVID-19," ujar Guterres, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (23/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tekad yang Besar

Foto: Menilik Sepintas Beberapa Venue Olimpiade Tokyo 2020, Perpaduan antara Futuristik dan Budaya Khas Jepang
Perbesar
Stadion Nasional Jepang merupakan salah satu venue yang terletak di Kasumigaoka, Shinjuku, Tokyo, Jepang. Venue ini akan digunakan untuk cabang olah raga sepak bola, atletik, dan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AFP/Behrouz Mehri)

Guterres pun menambahkan setiap atlet yang ada di Tokyo telah mengatasi rintangan yang sangat besar dan menunjukkan tekad yang besar.

"Jika kita membawa energi yang sama untuk menghadapi tantangan global kita, ita dapat mencapai apapun: perdamaian, planet yang bersih dan hijau, pembangunan, dunia yang lebih baik dan lebih setara untuk mendukung mereka yang paling rentan, dan tidak meninggalkan siapa pun," pungkasnya.

"Jadi, mari kita bersama-sama berlomba menuju masa depan itu. PBB merasa terhormat menjadi mitra tim Anda di setiap langkah. Terima kasih," tutur Guterres.

Olimpiade musim panas ini akan diselenggarakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus, diikuti dengan Paralimpiade pada 24 Agustus hingga 5 September mendatang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya