Sukses

Burung Kakatua Sydney Tepergok Cari Makan dari Tong Sampah

Tidak hanya kucing liar, burung kakatua juga dapat mencari makanan dari tong sampah.

Liputan6.com, Sydney - Beberapa tahun yang lalu, ilmuwan asal Australia, Richard Major, merekam video seekor burung kakatua di Sydney membuka tutup tempat sampah dalam kondisi tertutup dengan paruh dan kakinya untuk mengakses makanan sisa di dalamnya.

Dikutip dari CNN, Jumat (23/7/2021), ia membagikannya dengan Barbara Klump dan Lucy Aplin -- peneliti di Institut Perilaku Hewan Max Planck, Jerman -- dan mereka langsung terpesona.

"Sangat menarik untuk mengamati cara yang begitu cerdik dan inovatif untuk mengakses sumber makanan, kami segera tahu bahwa kami harus secara sistematis mempelajari perilaku mencari makan yang unik ini," jelas Klump yang merupakan seorang peneliti pascadoktoral di insitut tersebut dalam sebuah rilis berita.

Menurut penelitian itu, hal tersebut adalah proses lima tahap bagi burung untuk membuka tutup tempat sampah.

Burung itu harus membuka tutupnya dengan paruhnya, memutar lehernya ke samping, melompat ke tepi tempat sampah, menahannya agar terbuka dengan paruh atau kakinya, berjalan di sepanjang tepinya, dan akhirnya membuka tutupnya.

Para ilmuwan yang menerbitkan temuan mereka di jurnal Science, yang menemukan bahwa spesies burung Australia ikonik itu mempelajari keterampilan mencari makan ini dari satu sama lain dan menunjukkan inovasi dengan mengembangkan cara yang berbeda untuk membuka tempat sampah.

Sulit untuk menunjukkan evolusi perilaku baru pada hewan karena dua alasan, kata Major, seorang ilmuwan peneliti utama di Museum Australia.

Pertama, sulit untuk mendeteksi perilaku saat pertama kali muncul karena mereka mulai sebagai kejadian langka sebelum menyebar. Kedua, jika populasi di dua lokasi berbeda melakukan perilaku yang berbeda, sulit untuk mengatakan apakah itu karena perbedaan pada hewan itu sendiri atau lingkungan mereka.

Itulah sebabnya kakatua jambul belerang Sydney, burung beo yang sangat sosial yang sering ditemukan di kota-kota Pantai Timur, memberikan kesempatan langka untuk melakukan penelitian.

Seluruh negara menggunakan tempat sampah umum standar yang sama, dan kakatua tinggal di salah satu kota terbesar di Australia, yang berarti ada jutaan penduduk yang dapat membantu mengamati perilaku mereka.

Tim peneliti meluncurkan survei secara daring yang menanyakan penduduk Sydney apakah mereka pernah melihat burung kakatua mengangkat tutup tempat sampah untuk mencari makanan.

Menurut penelitian tersebut, sebelum 2018, perilaku ini hanya dilaporkan di tiga pinggiran kota -- tetapi pada akhir 2019, jumlah itu menjolak hingga 44 pingiran kota.

Perilaku itu juga menyebar di antara lingkungan terdekat lebih cepat daripada mencapai yang jauh, menunjukkan bahwa perilaku baru itu tidak terjadi secara acak.

"Hasil ini menunjukkan bahwa benar-benar mempelajari perlaku dari kakatua lain di sekitarnya," kata Klump.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Semua Kakatua Memiliki Cara yang Sama

Para peneliti juga menandai kakatua dengan titik-titik cat untuk melacak yang mana telah belajar membuka tong sampah dengan hasil hanya 10%.

Kakatua lainnya akan menunggu, lalu mengambil makanan saat tong sampah sudah dibuka. Tidak semua burung membuka tong sampah dengan cara yang sama. Tim penelitian itu menemukan bahwa subkultur regional telah muncul di antara kakatua, yang memiliki gaya dan pendekatan yang berbeda.

Misalnya, pada akhir 2018, seekor kakatua di Sydney utara menemukan kembali teknik ini dengan membuka tutupnya dengan cara yang berbeda, mendorong burung di distrik tetangga untuk meniru perlaku tersebut.

"Ada berbagai cara untuk dilakukan membuka tutupnya," kata Major.

"Untuk kakatua untuk mengangkat tempat sampah untuk mencari makanan, itu tingkat lain dari pemecahan teka-teki."

"Kakatua memperluas pola makan mereka, sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang di lingkungan perkotaan," tambahnya. "Saya berharap penelitian kami akan membantu kami belajar untuk hidup bersama mereka serta mereka belajar untuk hidup bersama kami."

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.