Sukses

7 Alasan Ngemil Dapat Jadi Hal Baik untuk Anda

Mengemil sering dipandang rendah, padahal memiliki banyak manfaat

Liputan6.com, Jakarta - Ngemil sering kali dianggap tidak penting.

Padahal, mengemil dapat membantu menurunkan berat badan, hingga menjaga kualitas tidur.

Berikut adalah alasan mengapa ngemil adalah hal baik, yang dikutip dari Bright Side, Kamis (22/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mendapatkan lebih banyak vitamin

Ngemil membantu memenuhi nutrisi lebih banyak. Sulit untuk memenuhi semua vitamin yang dibutuhkan dengan hanya makan tiga kali sehari.

Oleh karena itu, sering disarankan untuk makan buah dan sayur di siang hari. Orang yang mengejar jadwal makanan kehilangan vitamin yang penting. Sebagai akibatnya, mereka cenderung memiliki kuku yang rapuh dan bahkan rambut rontok.

3 dari 8 halaman

2. Cenderung tidak makan berlebihan

Sarapan, makan siang, dan makan malam mungkin tidak cukup untuk semua orang.

Camilan ringan membantu merasa bertenaga sekaligus, pada saat yang sama, mencegah makan berlebihan saat waktu makan utama. Bahkan, Anda dapat menjadwalkan waktu camilan. Inilah yang dipraktikkan di Swedia (fika), Jepang (Sanji no oyatsu), dan negara-negara lain.

4 dari 8 halaman

3. Meningkatkan kinerja otak

Otak menggunakan glukosa sebagai bahan bakar, terutama saat melakukan tugas yang menantang. Kemampuan mental Anda berkurang secara signifikan ketika gula darah Anda rendah. Ngemil makanan seperti cokelat atau kenari meningkatkan fokus mental.

5 dari 8 halaman

4. Mengurangi stres

Ketika merasa sedih, tubuh akan melepaskan kortisol. Hal ini dapat menurunkan kadar gula darah, menurut ahli gizi. Jadi ketika merasa frustasi, ambil camilan sehat dan undang serotonin ke dalam hidup Anda.

6 dari 8 halaman

5. Mengatasi kemerosotan hari

Kemerosotan sore hari adalah respons alami terhadap ritme sirkadian. Itu membuat kita mengantuk dari jam 1 sampai jam 3 sore. Namun, mungkin untuk menghindari kemerosotan ini dengan mengemil buah-buahan dan sayuran. Buah kering dan kacang tawar juga dapat membantu mengatasi rasa lapar.

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan ikatan sosial

Ngemil sebenarnya membantu berteman dengan seseorang. Penelitian dari Universitas Oxford menemukan bahwa makan bersama meningkatkan kebahagiaan dan meningkatkan hubungan. Terlebih lagi, berbagi camilan dengan orang lain dapat membantu Anda mengurangi ketegangan. Hal tersebut dapat membuat kita merasa dihargai dan diperhatikan.

8 dari 8 halaman

7. Mendapatkan istirahat malam yang sehat

Tidak sepenuhnya tidak sehat untuk makan sebelum tidur. Yang paling penting adalah apa yang dimakan. Misalnya, almond meningkatkan kualitas tidur karena mengandung melatonin. Makanan yang kaya kalsium mencegah gangguan tidur.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.