Menguak Rutinitas Ratu Elizabeth II Setiap Hari, dari Bangun hingga Tidur

Oleh Liputan6.com pada 22 Jul 2021, 20:10 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 20:10 WIB
Ratu Elizabeth II Resmikan Jembatan Senilai 22,6 Triliun
Perbesar
Ratu Inggris Elizabeth II (Andrew Milligan/PA via AP)

Liputan6.com, London - Sang Ratu Elizabeth II mungkin telah berusia 95 tahun. Namun, jangan salah, ia masih sangat lincah. Bekerja mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam.

Beliau bahkan masih sempat meluangkan waktu untuk berkuda dan mengajak anjingnya jalan-jalan di taman. Istirahatnya hanya 2 hari dalam setahun, yaitu ketika hari Natal dan Minggu Paskah.

Terkadang, aktivitas di kehidupan sang Ratu juga mungkin mirip dengan manusia pada umumnya. Seperti berdandan hingga menonton acara televisi favorit.

Berikut ini rutinitas harian Ratu Elizabeth II yang dilansir dari laman Bright Side, Kamis (22/7/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7.30: Saatnya Bangun!

Ilustrasi pukul 7 pagi (unsplash)
Perbesar
Ilustrasi pukul 7 pagi (unsplash)

Ratu tidak membutuhkan alarm. Setiap pagi, pembantunya akan mengetuk kamar tidurnya di Istana Buckingham dan membawakan "pra-sarapan".

Sementara sang Ratu mendengarkan radio sambil menikmati camilan kue dan teh Earl Grey dengan susu dan tanpa gula sebelum waktu sarapan utamanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

8.00: Berpakaian dan Merias Wajah

Ratu Elizabeth II Pakai Gaun Bermotif Floral, Diduga Persembahan untuk Lilibet
Perbesar
Busana dan riasan Ratu Elizabeth II (Foto: Instagram.com/The Royal Family)

Setelah mandi, Ratu mengenakan pakaian pertamanya di hari itu. Terkadang, sang Ratu Inggris tersebut perlu berganti pakaian hingga 5 kali sehari. Tidak hanya mengganti pakaian, ia juga mengganti sarung tangan, perhiasan, topi, dan aksesoris lainnya.

Semua pakaiannya telah dipisahkan oleh penasihat busana pribadinya, Angela Kelly.

Biasanya, 2 pakaian akan diturunkan kepadanya karena semua pakaiannya disimpan di lantai lain istana. Sang Ratu juga merias wajahnya sendiri setiap pagi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

8.30: Sarapan di Ruang Makan

Ilustrasi ruang makan kerajaan (unsplash)
Perbesar
Ilustrasi ruang makan kerajaan (unsplash)

Sang Ratu mengambil sarapannya di ruang makan pribadinya. Dia suka sarapan sederhana, sebagian besar adalah sereal Kellog yang dia makan dari wadah plastik, dan teh. Makannya disajikan oleh pelayan saat Ratu sedang membaca jurnal hariannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

9.00: Menunggu Bagpipe Mulai Bekerja

pemain bagpipe (unsplash)
Perbesar
pemain bagpipe (unsplash)

Setelah selesai sarapan, seorang pemain big pipe akan beraksi di teras di bawah kamar pribadinya.

Pemain alat musik itu datang setiap hari kerja di Istana Buckingham atau kediaman resmi lainnya: Kastil Windsor, Kastil Balmoral, atau Istana Holyroodhouse. Ini adalah cara resmi Ratu memulai hari.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

9.00-11.00: Baca Surat dan Dokumen Penting yang Dikirimkan Setiap Hari

Menerjemahkan Dokumen Penting ke Bahasa Inggris Melalui Jasa Penerjemah
Perbesar
Ilustrasi Dokumen Penting (pexels.com/pixabay)

Jika Ratu Elizabeth II tidak memiliki acara pagi untuk dihadiri, dia pergi ke mejanya untuk membaca suratnya.

Sekitar 60.000 lembar korespondensi diterima dalam setahun. Beberapa di antaranya dijawab secara pribadi. Selanjutnya, dia pergi ke Kotak Merah, atau secara resmi "kotak pengiriman", yang dikirim setiap hari oleh sekretarisnya.

Kotak-kotak tersebut berisi dokumen penting dari kabinetnya, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran. Beberapa dokumen memerlukan tanda tangannya dan yang lain hanya untuk memberitahunya. Dengan melakukan ini, dia dapat tetap mengetahui proses di pemerintahan dan pertemuan penting.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

11.00: Pertemuan dengan Tamu Penting di Istana

Ilustrasi pertemuan Ratu Elizabeth (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi pertemuan Ratu Elizabeth (pixabay)

Ketika Ratu selesai melihat dokumen, dan masih punya waktu untuk beberapa pertemuan sebelum makan siang. Tamu-tamunya mulai dari para pemimpin dunia hingga anggota parlemen.

Mereka biasanya melakukan pembicaraan singkat selama sekitar 20 menit. Rapat juga dapat dilakukan melalui konferensi video.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

12.30: Makan Siang dan Waktu Luang untuk Olahraga

Ilustrasi Kuda
Perbesar
Ilustrasi Kuda (pixabay.com)

Sekitar pukul 12:30, Ratu beristirahat dan mengajak anjing-anjingnya berjalan-jalan di taman.

Sang Ratu suka berjalan-jalan dan menunggang kuda saat istirahat, tidak hanya untuk menjaga otot-ototnya kuat tetapi juga untuk menikmati waktu sendirian.

Pilihan apa yang akan dimakan untuk makan siang dan makan malam dibuat oleh ratu setiap 3 hari. Menu disarankan oleh koki kerajaan dan Ratu dapat membuat catatan jika ingin mengganti hidangan apa pun.

Jika memiliki pengunjung, Yang Mulia akan menandai berapa banyak hidangan yang harus disajikan dengan pena.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

14.00: Berkendara ke Acara Penting Kerajaan

Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II berkendara (Foto: Instagram/william_catherine82)

Dari pukul 14.00 hingga 17.00 adalah waktu untuk tanggung jawab yang lebih lama. Saat bertemu perdana menteri dan membaca laporan proses parlemen hari itu.

Untuk pertemuan di luar istana, biasanya Ratu menggunakan mobil pribadi untuk keluarga kerajaan. Terkadang, sang Ratu lebih suka menyetir sendiri.

Sebagai seorang Ratu, ia tidak memilih atau memihak selama pemilihan. Namun, tugas Ratu adalah untuk membuka sesi parlemen dan menyetujui perintah dan proklamasi melalui Dewan Penasihat. Setelah kegiatan ini, Ratu memiliki istirahat kedua untuk minum teh tradisional pukul 17.00.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

17.00: Waktunya Minum Teh!

Ilustrasi teh tradisional (unsplash)
Perbesar
Ilustrasi teh tradisional (unsplash)

Tradisi Inggris ini diikuti oleh Ratu Elizabeth II setiap hari.

Di suite istana Ratu, sandwich yang terbuat dari mentimun, salmon asap, telur, mayones, ham, dan mustard disajikan dengan teh Earl Grey favoritnya. Sang ratu juga menyukai kue, menurut koki kerajaan, Darren McGrady.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

19.00: Membaca Laporan Harian dan Makan Malam

3 Tips Masak Steak yang Empuk dan Juicy ala Kreator TikTok Dims The Meat Guy
Perbesar
Selain berbagi tips masak steak yang empuk, Dimas juga meluncurkan 3 menu kreasi steak yang unik bersama Steak by HOLYCOW!. Simak selengkapnya. (Doc. Steak by HOLYCOW!).

Antara waktu minum teh pada pukul 17:00 dan makan malam, sekitar pukul 19:30, Ratu masih memiliki waktu untuk memeriksa laporan harian proses parlemen. Terkadang dia bahkan mengadakan pertemuan atau acara lain di malam hari. Setiap Rabu, Elizabeth II bertemu dengan perdana menteri untuk membahas masalah pemerintah.

Makan yang tersaji di piring biasanya sama setiap minggu. Sang Ratu bukanlah pecinta makanan dan dia sangat pemilih dalam hal mencoba rasa baru. Segelas sampanye akan menemani makannya. Daging harus selalu matang dan piringnya penuh dengan mentega dan krim.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

20.30: Menonton TV dan Tidur

Ilustrasi buku harian (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi buku harian (pixabay)

Hari kerja telah berakhir dan sekarang saatnya untuk bersantai. Ratu Elizabeth II akhirnya bisa duduk di depan TV untuk menonton serial populer seperti Downton Abbey. Ketika dia pergi tidur, saatnya bagi anggota keluarga dan majikan lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Ratu selalu tidur sendirian di kamar tidurnya. Bahkan Pangeran Philip tidur di kamar yang berbeda. Ratu Elizabeth memiliki ritual menulis di buku hariannya sebelum tidur yang dia lakukan sejak hari pertama pemerintahannya. Ratu tidur 8 setengah jam, jadi dia bisa memiliki energi untuk memulai hari dengan segar.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya