Dua Suara Misterius Terdengar di India dan AS, Fenomena Apa?

Oleh Liputan6.com pada 22 Jul 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 18:35 WIB
Ilustrasi bendera India (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Suara keras misterius terdengar di Bengaluru, India. Penduduk membandingkannya dengan ledakan sonik yang terjadi pada Mei 2020 lalu. Dapartemen pertahanan mengklaim ledakan tahun lalu terjadi karena ledakan sonik yang disebabkan oleh uji terbang, demikian dilansir dari laman First Post, Kamis, (22/7/2021).

Warga di kota tersebut mendengar suara keras pada 2 Juli sekitar pukul 12.15 WIB. Suara ini membuat jendela dan pintu berderak selama beberapa detik.

Menanggapi suara tersebut, Hindustan Aeronautics Limited (HAL) di Bengaluru mengatakan tidak dapat mengomentari apa yang menyebabkan suara misterius tersebut.

“Serangan mendadak pesawat tempur dan pelatihan berlangsung di bandara HAL. Hari ini tidak berbeda. HAL tidak dapat mengomentari suara keras yang dilaporkan terdengar hari ini di Bengaluru,” ujar juru bicaara HAL, Gopal Sutar.

Karnataka State Natural Disaster Monitoring Centre (KSNDMC) menyatakan tidak ada sinyal gempa, demikian dilaporkan dalam Indian Express. KSNDMC kembali mengatakan bahwa suara keras yang didengar oleh masyarakat setempat terdengar dari Kengeri, Rajarajeswari Nagar dan Vijayanagar, Bengaluru hari ini antara pukul 12.00 sampai 12.45 siang.

Mereka lebih lanjut menegaskan bawa data analisis dengan cermat dari Observatorim Seismik tidak menunjukkan sinyal gempa.

Asal suara misterius itu pun belum terjawab hingga kini.

Apa itu Ledakan Sonik?

Ledakan sonik terjadi ketika sebuah benda bergerak di udara yang lebih cepat dari kecepatan suara. Hal ini dapat menciptakan gelombang kejut di udara yang menyebabkan emisi energi sangat besar, menghasilkan suara yang mirip ledakan.

Sebagian besar ledakan sonik terjadi ketika pesawar supersonik terbang di udara. Dengan suara keras ini, dapat pula menyebabkan ledakan keras hingga merusak beberapa struktur.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Suara Misterius di San Diego

Bendera San Diego (Wikipedia)
Perbesar
Bendera San Diego (Wikipedia)

Suara misterius lainnya juga dilaporkan terdengar di San Diego pada 8 Juni 2021.

Bedanya, ini bukan yang pertama terdengar di sana. Melainkan untuk ketiga kalinya sejak Febuari. Suara ledakan misterius dan getaran kembali dirasakan penduduk di San Diego, demikian dilansir dari laman Sandiego Union Tribune, Kamis (22/7/2021).

Fenomena misteri terbaru – kadang disebut sebagai skyquake – dilaporkan sebelum pukul 8.20 malam oleh penduduk sejauh selatan Tijuana, sejauh timur El Cajon dan di lingkungan San Diego di daerah tenggara dan pesisir serta Linda Vista, Clairemont dan Tierrasanta.

Kejadian serupa pernah mengguncang wilayah tersebut pada 16 Febuari. Saat itu, Survei Geologi Amerika Serikat mencuit di Twitter bahwa guncangan itu bukan gempa bumi, tetapi mungkin ledakan sonik yang jarang terjadi di San Diego.

Sekitar 3 minggu kemudian, tepatnya pada 10 Maret, penduduk seluruh wilayah kembali melaporkan guncangan dan ledakan serupa, meskipun tidak ada gempa bumi yang dilaporkan.

Pada Selasa 8 Juni malam, situs USGS kembali menunjukkan tidak ada aktivitas seismik di wilayah tersebut.

Sementara 2 peristiwa guncangan misterius sebelumnya terjadi dalam durasi 10 menit pukul 5 sore, insiden Selasa malam ini terjadi setelah matahari tenggelam.

Beberapa menit kemudian, polisi San Diego menerima beberapa panggilan mengenai kebisingan, dan guncangan, demikiran menurut Sersan Kevin Gibson.

Seorang penelepon melaporkan mendengar suara yang mereka pikir adalah seseorang di atap mereka. Operator dan petugas percaya itu mungkin terkait dengan guncangan msiterius, menurut radio polisi lalu lintas.

Todd Gloria, wali kota San Diego pun mendengar suara misterius tersebut.

“Ya, saya mendengarnya. Tidak, saya tidak tahu apa itu. Saya akan membagikannya jika mendapat informasi apapun. Segera divaksinasi jika anda belum,” kicau beliau di Twitter.

Meskipun lebih sedikit penduduk di North Country yang melaporkan mendengar suara atau merasakan getaran, mantan kandidat kongres Ammar Campa-Najjar mengemukakan bahwa sumbernya mungkin adalah Marine Corps Base Camp Pendleton yang mengunggah peringatan kebisingan di Facebook awal bulan Juni.

Peringatan tersebut untuk melaporkan bahwa pelatihan artileri tembakan langsung akan dilakukan 5 Juni hingga 11 Juni dan berlangsung hingga tengah malam.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya