Top 3: Banjir Landa Provinsi Henan di China Jadi Sorotan

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 22 Jul 2021, 09:59 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 09:59 WIB
Banjir
Perbesar
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 10.000 orang di Provinsi Henan, China dievakuasi ke tempat pengungsian akibat banjir yang dipicu oleh hujan deras.

Berita tentang banjir yang melanda Provinsi Henan di China, dan membuat ribuan warga dievakuasi menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Kamis (22/7/2021).

Berita populer lainnya membahas tentang Orang kepercayaan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi, yang meninggal dunia karena terinfeksi COVID-19 dalam tahanan di penjara.

Adapun berita yang paling disorot lainnya, yaitu Amerika Serikat yang menurunkan imbauan perjalanan dari India dan Pakistan ke level 3.

Sebelumnya, AS memberlakukan peringatan perjalanan untuk kedua negara dengan Level 4, yang mengartikan "jangan bepergian".

1. Banjir Landa Provinsi Henan di China, Ribuan Warga Dievakuasi

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi banjir. (dok. pixabay/@hermann)

Hujan deras telah menyebabkan banjir parah di beberapa bagian China tengah, memaksa warga meninggalkan rumah mereka dan membuat stasiun dan jalan-jalan terendam.

Dilansir dari BBC, Rabu (21/7/2021), lebih dari 10.000 orang di Provinsi Henan, China telah dievakuasi ke tempat pengungsian menyusul rekor curah hujan yang tinggi.Ba

Sedikitnya 12 orang tewas di Kota Zhengzhou sejak banjir mulai terjadi, menurut otoritas setempat.

 

Baca selengkapnya....

2. Terinfeksi COVID-19 dalam Tahanan, Orang Kepercayaan Aung San Suu Kyi Meninggal

FOTO: Aksi Protes Kudeta Militer Myanmar Terus Berlanjut
Perbesar
Pengunjuk rasa antikudeta duduk di belakang poster dengan gambar pemimpin Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi selama unjuk rasa di Yangon, Myanmar, Senin (22/2/2021). Meski ada peringatan dari militer Myanmar, peserta demonstrasi tidak gentar. (AP Photo)

Orang kepercayaan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi yang dikudeta junta militer pada Februari lalu dilaporkan meninggal dunia karena terinfeksi COVID-19 dalam tahanan di penjara.

Nyan Win, seorang anggota senior veteran dan mantan juru bicara partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) - yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi - meninggal dunia di usia 78 tahun, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/7/2021).

Dia ditangkap setelah kudeta pada 1 Februari lalu yang melengserkan partai NLD dari pemerintahan Myanmar. Nyan Win ditahan ditahan di penjara Insein Yangon dengan tuduhan penghasutan.

 

Baca selengkapnya....

3. AS Turunkan Imbauan Perjalanan dari India dan Pakistan ke Level 3

Jutaan Warga AS Bepergian untuk Thanksgiving
Perbesar
Siluet pelancong dengan masker di samping kopernya di Bandara Internasional Los Angeles di Los Angeles, California, 23 November 2020. Sekitar 1 juta orang Amerika memadati bandara dan pesawat menjelang libur Thanksgiving pekan ini bahkan saat kematian akibat COVID-19 melonjak. (AP Photo/Jae C. Hong)

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menurunkan imbauan travel terkait COVID 19 untuk India ke level 3, yang berarti merupakan peringatan untuk "mempertimbangkan kembali perjalanan".

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/7/2021) AS juga melonggarkan imbauan perjalanan untuk Pakistan. Sebelumnya, AS memberlakukan peringatan perjalanan untuk kedua negara dengan Level 4, yang mengartikan "jangan bepergian".

Keputusan itu tidak memengaruhi pembatasan perjalanan yang diberlakukan pada Mei 2021, yang melarang hampir semua warga negara non-AS yang telah berada di India dalam 14 hari terakhir memasuki Amerika Serikat.

 

Baca selengkapnya....

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓