Sukses

Jatuh Dekat Aligator, Pengendara Sepeda di Florida Terluka Parah Digigit

Akibat lepas kendali, seorang pengendara sepeda di Florida jatuh ke air yang ada aligatornya dan digigit.

Liputan6.com, Florida - Seorang pengendara sepeda digigit aligator dan menderita luka parah setelah ia menabrakkan sepedanya dan jatuh ke air di sebuah taman di Florida, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari CNN, Rabu (21/7/2021), Kantor Sheriff Kabupaten Martin mengatakan bahwa pria itu kehilangan kendali atas sepedanya di jalan setapak Halpariokee Park dan jatuh dari tanggul dengan ketinggian hampir dua meter ke dalam air di dekat aligator betina.

Buaya yang memiliki panjang hampir tiga meter itu menggigit pria tersebut dan menyebabkan luka serius, sebelum ia berhasil membebaskan diri dan merangkak ke area di mana ia mendapat bantuan dari seseorang -- yang untungnya sedang berada di lokasi tersebut.

Charlie Shannon mengatakan bahwa ia sedang mengajak anjingnya berjalan-jalan di taman tersebut saat ia melihat seorang pengendara sepeda yang terluka.

"Ia memiliki banyak bekas luka di sekujur kakinya, terutama di atas paha," jelas Shannon.

Shannon kemudian menceritakan bahwa ia menggunakan tali anjingnya sebagai tourniquet darurat saat ia dan orang lain menarik pria itu ke tempat yang aman.

"Ia tergantung di akar sekitar 1,5 meter di bawah," kata Shannon. "Sulit untuk mengeluarkannya."

Kantor sheriff, Martin County Fire Rescue and Florida Fish and Wildlife menanggapi insiden tersebut untuk memberikan bantuan serta mengamankan tempat kejadian itu terjadi.

Tim penyelamat harus membawa korban lebih dari satu kilometer dari jalan setapak ke area taman di mana helikopter medis dapat mendarat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Dipindahkan ke Lokasi Lain

Penjebak aligator John Davidson juga dipanggil untuk menangkap aligator tersebut beberapa saat kemudian, agar hewan itu dapat dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

"Ia sedang terdiam tiga meter dari tepi sungai ketika saya muncul," cerita Davidson. "Itu membuat saya percaya bahwa ia adalah betina dan duduk di dekat sarang."

"Jadi kami akan berusaha menyelamatkan bayi-bayi aligator itu jika kami bisa."

Florida Fish and Wildlife Conversation (FWC) yang memimpin penyelidikan itu mengatakan bahwa ada sekitar 1,3 juta aligator di Florida dan mereka tinggal di 67 county di negara bagian itu.

Walau begitu, serangan terhadap manusia sangatlah jarang terjadi. Pada 2020, hanya ada 12 insiden terkait aligator dan manusia, semua tidak menyebabkan dampak fatal.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Panduan Isolasi Mandiri Covid-19 untuk Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.