Sukses

Pura-Pura Jadi Ahli Permata, Wanita Pakai Trik Sulap Tukar Berlian dengan Batu Kerikil

Sebuah toko berlian mewah di London, Inggris, mengalami kasus pencurian unik terkait penukaran perhiasan mewah itu dengan kerikil. Ini kisahnya.

Liputan6.com, London - Seorang wanita diduga berpura-pura menjadi ahli permata dan menukar berlian senilai lebih dari 80 miliar rupiah dengan batu kerikil di toko perhiasan mewah di London.

Dikutip dari The Sun, Rabu (21/7/2021), jaksa mengatakan bahwa Lulu Lakatos (60) menyamar sebagai ahli permata dan pergi ke Boodles di Mayfair, London pada Maret 2016. Ia diduga sengaja menaksir harga tujuh berlian atas nama sekelompok pembeli kaya asal Rusia.

Berlian itu, yang termasuk berlian dengan bentuk hati 20 karat senilai lebih dari 40 miliar rupiah, akan ditempatkan di tas terkunci dan disimpan di brankas perhiasan sampai pembayaran ditransfer.

Tetapi, saat ahi berlian Boodles curiga dan membuka tas tersebut pada hari berikutnya, ia menemukan tujuh kerikil kecil.

Jaksa Philip Stott mengatakan berlian itu telah dicuri oleh terdakwa dengan trik sulap.

Lakotos yang lahir di Rumania tetapi tinggal di Prancis, menyangkal melakukan kesalahan. Ia didakwa atas mempunyai peran dalam aksi pencurian tersebut.

Nicholas Wainwright, ketua dari Boodles -- salah satu merek perhiasan mewah termuka di Inggris -- mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia telah didekati oleh seorang pembeli Israel yang ingin berinvestasi dalam berlian bernilai tinggi pada minggu-minggu sebelum pencurian.

Ia menyetujui penjualan tujuh berlian setelah pertemuan di sebuah hotel Monaco.

Wainwright bertemu dengan Lakatos di ruang bawah tanah tokonya, bersama dengan ahli berliannya sendiri, Emma Barton.

Menurut Barton, setelah Wainwright meninggalkan ruangan untuk menerima telepon dari tersangka pembeli, Lakatos memasukkan dompet yang digembok berisi permata ke dalam tasnya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Pria Sudah Mengaku Bersalah

Barton mengatakan ia memprotes, tetapi Stott menuduh Lakatos menukar dompet tersebut dengan tas terkunci yang identik dan meletakannya kembali di atas meja dalam hitungan detik.

Jaksa kemudian mengatakan Lakatos lalu bekerja dengan kaki tangannya yang bekerja sama dengannya untuk pergi ke Prancis menggunakan mobil sewaan.

Dua pria telah mengaku bersalah atas memiliki peran dalam pencurian tersebut.

Barton mengatakan ia menemukan tujuh kerikil taman ketika ia membuka dompet tersebut di malam berikutnya.

Lakatos ditangkap di Prancis dengan surat perintah penangkapan Eropa September lalu dan diekstradisi ke Inggris.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini