Sukses

Menhan AS Lloyd Austin Bakal Kunjungi Sejumlah Negara di Asia Tenggara

Menhan AS akan mengunjungi 3 negara di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan mengunjungi Asia Tenggara pada akhir bulan ini, kata Pentagon.

Diketahui, Austin akan terlibat dalam perjalanan yang akan mencakup pemberhentian di Filipina, Singapura dan Vietnam, menurut kedutaan AS di Hanoi. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (20/7/2021).

"Kunjungan Sekretaris Austin akan menunjukkan pentingnya tempat Administrasi Biden-Harris di Asia Tenggara dan di ASEAN sebagai bagian penting dari arsitektur Indo-Pasifik," kata juru bicara Pentagon John Kirby, merujuk pada blok Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen AS untuk ASEAN

Kedutaan Besar AS di Hanoi mengatakan pada Selasa (20/7) bahwa perjalanan Austin akan dimulai pada Jumat (23/7).

"Perjalanan ini akan menggarisbawahi komitmen abadi AS di kawasan itu, dan minat kami dalam menegakkan tatanan internasional berbasis aturan di kawasan itu dan mempromosikan sentralitas ASEAN," tulis kedutaan dalam sebuah posting Facebook.

Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden ingin memperkuat perlunya peran AS di kawasan di mana China memiliki pengaruh yang cukup besar sebagai mitra dagang yang dominan, tetapi hubungan yang buruk sebagai akibat dari kegiatan militernya di Laut China Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini