Sukses

Deretan Ucapan dan Sambutan Hangat Hari Idul Adha dari Pemimpin Dunia

Beberapa pemimpin dan pejabat dari berbagai negara menyampaikan sambutan Hari Raya Idul Adha 1442 H bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada Selasa 20 Juli 2021.

Beberapa pemimpin dan pejabat dari berbagai negara pun memberikan sambutan untuk hari suci bagi umat Muslim tersebut.

Salah satunya adalah Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, yang menyampaikan, "Bersama istri dan keluarga, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat Islam di Malaysia, khususnya para garda terdepan yang telah mengorbankan waktu dan tenaganya demi keselamatan dan kesehatan kita. Maaf Zahir dan Batin."

Dalam pidato yang disiarkan di stasiun televisi Malaysia, PM Muhyiddin juga mengajak masyarakat untuk membacakan surat Al-fatihah bagi mereka yang telah meninggal dunia akibat COVID-19, juga berdoa bagi mereka yang sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit tersebut, seperti dikutip dari Bernama.

"Kita berdoa kepada Allah SWT agar pandemi ini segera berakhir. Pertolongan dan Rahmat Allah menyertai hamba-hamba-Nya yang selalu bekerja keras, sabar dan yakin akan rencana-Nya. Insyaallah, kita akan berhasil," tuturnya. 

Selain PM Malaysia, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga menyampaikan ucapan Idul Adha kepada umat Muslim di seluruh dunia.

"Malam ini, di seluruh negeri dan di seluruh dunia, umat Islam berkumpul dan merayakan Idul Adha. Untuk semua orang yang merayakan: selamat Idul Adha!," kata PM Kanada Justin Trudeau di laman Twitter-nya.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dalam pernyataan yang dirilis di laman resmi Gedung Putih, juga menyampaikan salam terhangatnya untuk umat Muslim yang menyambut perayaan Idul Adha. 

"Jill dan saya mengirimkan salam terhangat kami kepada mereka yang merayakan Idul Adha di seluruh dunia," tutur Biden, dalam pernyataan bersama Ibu Negara AS, Jill Biden, dikutip dari laman whitehouse.gov.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan Hari Raya Idul Adha dari PM Singapura Hingga Menlu AS

Adapun ucapan Hari Raya Idul Adha dari Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Long.

Dalam laman resmi Twitter-nya, PM Lee menuliskan pada Selasa (20/7),"Selamat Hari Raya Idul Adha! Umat Islam di sini telah melakukan banyak penyesuaian akibat pandemi. Meski demikian, semangat Idul Adha tetap ada. Saat kita bergerak menuju new normal, mari kita semua terus melakukan bagian kita untuk menjaga keamanan komunitas kita".

Ada juga sambutan Idul Adha dari Sekjen PBB, Antonio Guterres. Seperti banyak pemimpin di dunia lainnya, ia juga menyampaikan sambutannya melalui postingan di laman Twitter resminya.

"Eid Mubarak! Salam hangat saya untuk semua orang yang merayakan," tulis Guterres. "Kita semua dapat mengambil inspirasi dari nilai-nilai solidaritas, empati, dan kasih sayang yang diperingati selama #IdulAdha," tambahnya.

"Saya menyampaikan harapan terhangat saya kepada semua orang yang merayakan Idul Adha di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Kami terutama mengenali mereka yang menghabiskan liburan terpisah dari keluarga dan teman karena pandemi. Selamat Eid Mubarak dan Haji Mabrur," tulis Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di laman Twitter-nya, Selasa (20/7).

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.