Sukses

Top 3: Kuota Haji 2021 60 Ribu Jemaah hingga Pusat Vaksinasi COVID-19 Dirusak Disorot

Berita tiga teratas yang tengah jadi sorotan adalah terkait jemaah haji, Wapres AS Kamala Harris tanggapi Virus Corona Varian Delta hingga pusat vaksinasi COVID-19 di Prancis yang diamuk massa.

Liputan6.com, Jeddah - Kabar jemaah haji berjumlah 60 ribu telah memulai ibadah tahunan itu di tengah pembatasan guna mencegah penularan COVID-19 jadi sorotan pembaca kanal Global Liputan6.com.

Mengutip Al Arabiya, haji 2021 dimulai di Arab Saudi pada Sabtu 17 Juli di bawah tindakan pencegahan COVID-19 yang ketat. Ini merupakan tahun kedua berturut-turut ritual tahunan umat Muslim itu diadakan dalam keadaan khusus.

Selain itu, isu soal Wakil Presiden AS Kamala Harris menyebut Virus Corona Varian Delta bukan lelucon belaka juga mencuri perhatian para pembaca.

Berita ketiga teratas yang tengah jadi sorotan adalah terkait pusat vaksinasi COVID-19 di Prancis yang diamuk massa.

Selengkapnya dalam Top 3 Global edisi Selasa (20/7/2021):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 60 Ribu Jemaah Beribadah Haji 2021 di Bawah Protokol Ketat Cegah COVID-19

Makkah biasanya akan menyambut lebih dari 2,5 juta Muslim dari seluruh dunia untuk haji. Namun, karena pandemi Virus Corona COVID-19, haji tahun ini dibatasi hanya 60.000 orang yang tinggal di Arab Saudi dan telah divaksinasi.

Pada 2020, hanya beberapa bulan setelah wabah melanda, negara kerajaan itu hanya mengizinkan 10.000 orang yang tinggal di negara tersebut untuk melakukan ritual haji.

Pihak berwenang Saudi telah mengatakan bahwa mereka berharap bisa mengulangi keberhasilan haji tahun lalu, yang ditandai dengan organisasi yang sangat besar dan komitmen penuh dari pejabat dan jemaah untuk mengikuti pedoman pencegahan COVID-19.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

2. Wapres AS Kamala Harris: Varian Delta COVID-19 Bukan Lelucon

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris menegaskan agar masyarakat tidak main-main dalam menyikap varian COVID-19 delta. Ia pun meminta rakyat agar segera divaksin. 

"Varian Delta bukanlah lelucon. Segeralah divaksin," ujar Wapres Kamala Harris mealui Twitter, dikutip Senin (19/7/2021).

Kamala Harris telah disuntik vaksin Moderna pada awal 2021. Namun, kemarin ia sempat bertemu sekelompok anggota dewan dari Texas yang kabur ke Washington DC karena ingin menggagalkan voting RUU pencoblosan di Texas. 

Tiga dari anggota dewan itu ternyata dilaporkan positif COVID-19. Ketiganya sudah divaksin.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

3. Diamuk Massa, Pusat Vaksinasi COVID-19 di Prancis Hancur

Dua pusat vaksinasi COVID-19 telah digeledah di Prancis di tengah protes atas penerapan aturan virus corona yang lebih ketat oleh pemerintah.

Mengutip BBC, Senin (19/7/2021), satu situs di Prancis tenggara dirusak dan dibanjiri dengan selang kebakaran pada Jumat malam, kata pihak berwenang.

Sehari kemudian, klinik lain di barat daya sebagian hancur dalam apa yang disebut media lokal sebagai serangan pembakaran.

Insiden itu terjadi pada akhir pekan demonstrasi menentang langkah-langkah pembatasan untuk mengekang COVID-19. Pada hari Sabtu, lebih dari 100.000 orang turun ke jalan di seluruh Prancis untuk mengecam aturan yang dirancang untuk mengatasi peningkatan infeksi.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.