Sukses

Sanksi Penjara hingga Eksekusi Intai Anak Muda Korea Utara Pemakai Bahasa Gaul Ala Korea Selatan

Media pemerintah Korea Utara memberi peringatan keras kepada anak mudanya agar tidak menggunakan bahasa gaul ala Korea Selatan.

Liputan6.com, Pyongyang - Media pemerintah Korea Utara telah mendesak kaum mudanya untuk tidak menggunakan bahasa gaul dari Korea Selatan, dan menyuruh mereka untuk berbicara dengan bahasa standar Korea Utara.

Selain itu, ada juga peringatan baru di surat kabar resmi Korea Utara agar tidak mengadopsi mode, gaya rambut, dan musik Korea Selatan.

Melansir BBC, Senin (19/7/2021), ini adalah bagian dari undang-undang baru yang berusaha untuk membasmi segala jenis pengaruh asing, dengan hukuman yang keras.

Mereka yang kedapatan melanggar hukum dapat menghadapi hukuman penjara atau bahkan eksekusi.

Surat kabar Rodong Sinmun memperingatkan kaum milenial tentang bahaya mengikuti budaya pop Korea Selatan.

"Penetrasi ideologis dan budaya di bawah papan warna-warni borjuasi bahkan lebih berbahaya daripada musuh yang mengambil senjata," tulis artikel itu. 

Ini menekankan bahwa bahasa Korea berdasarkan dialek Pyongyang lebih unggul, dan bahwa kaum muda harus menggunakannya dengan benar.

Korea Utara baru-baru ini berusaha menghilangkan bahasa gaul Korea Selatan, misalnya seorang wanita memanggil suaminya "oppa" - yang berarti "kakak laki-laki" tetapi sering digunakan untuk menyebut pacar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anti-Budaya Asing

Pengaruh asing dipandang sebagai ancaman bagi rezim komunis Korea Utara, dan itu adalah cengkeraman Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un pada kekuasaan.

Dia baru-baru ini menyebut K-pop sebagai "kanker ganas" yang merusak kaum muda Korea Utara, menurut New York Times.

Siapapun yang tertangkap dengan sejumlah besar media dari Korea Selatan, Amerika Serikat atau Jepang sekarang menghadapi hukuman mati. 

Mereka yang tertangkap menontonnya akan menghadapi hukuman penjara selama 15 tahun.

Namun terlepas dari risikonya, pengaruh asing terus meresap ke Utara, dan jaringan penyelundupan yang sangat canggih untuk membawa media terlarang dilaporkan terus beroperasi. 

Beberapa pembelot Korea Utara mengatakan bahwa menonton drama Korea Selatan berperan dalam keputusan mereka untuk melarikan diri.

Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara, mengatakan kepada Korea Herald bahwa Kim, yang dididik di Swiss, "sangat menyadari bahwa K-pop atau budaya Barat dapat dengan mudah meresap ke generasi muda dan memiliki dampak negatif dan berdampak pada sistem sosialisnya".

"Dia tahu bahwa aspek budaya ini dapat membebani sistem. Jadi dengan menghapusnya, Kim mencoba mencegah masalah lebih lanjut di masa depan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.