18-7-1989: Pembunuhan Aktris Muda oleh Fans Fanatik Picu Dibuatnya UU Anti-Stalking

Oleh Hariz Barak pada 18 Jul 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 18 Jul 2021, 06:00 WIB
Bunuh Diri
Perbesar
Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Liputan6.com, Los Angeles - Pada 18 Juli 1989, aktris Rebecca Schaeffer yang berusia 21 tahun dibunuh di rumahnya di Los Angeles oleh Robert John Bardo, seorang pria yang tidak stabil secara mental yang telah menguntitnya.

Pembunuhan Schaeffer membantu mengarah pada bagian di California dari undang-undang yang bertujuan mencegah penguntitan alias anti-stalking, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (18/7/1989).

Schaeffer lahir 6 November 1967 di Eugene, Oregon. Dia bekerja sebagai model remaja dan memiliki tugas singkat di sinetron siang hari One Life to Live, tetapi terkenal karena beradu akting dengan Pam Dawber dalam sitkom televisi My Sister Sam.

Pelaku, Robert J Bardo, yang lahir pada tahun 1970, telah menulis surat kepada Schaeffer dan tidak berhasil mencoba untuk mendapatkan akses ke lokasi syuting My Sister Sam, sebelum muncul di apartemennya pada 18 Juli 1989.

Penggemar terobsesi itu dilaporkan telah mendapatkan alamat rumah aktris itu melalui agen detektif, yang menemukannya melalui catatan di Departemen Kendaraan Bermotor California.

Pada hari pembunuhan, Schaeffer dilaporkan mematuhi permintaan Bardo untuk tanda tangan ketika dia muncul di rumahnya dan kemudian memintanya untuk pergi.

Dia kembali beberapa saat kemudian dan aktris, yang dilaporkan sedang menunggu seseorang untuk menyampaikan naskah, menjawab pintu lagi. Bardo kemudian menembak dan membunuhnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dampak Pembunuhan

Bunuh Diri Tembak Kepalanya
Perbesar
Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Ditangkap keesokan harinya di Tucson, Arizona, Bardo kemudian dituntut oleh jaksa distrik Los Angeles County Marcia Clark, yang kemudian menjadi terkenal sebagai jaksa dalam persidangan O.J. Simpson.

Pada tahun 1991, Bardo dinyatakan bersalah atas pembunuhan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Pada tahun 1994, California mengesahkan Undang-Undang Perlindungan Privasi Pengemudi, yang mencegah Departemen Kendaraan Bermotor merilis alamat pribadi.

Film 2002 Moonlight Mile, yang secara longgar terinspirasi oleh cerita Schaeffer, ditulis dan disutradarai oleh Brad Silberling, yang telah berkencan dengan aktris muda itu pada saat kematiannya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya