Sukses

CDC AS: Kasus Kematian Akibat Varian Delta Mayoritas karena Belum Divaksin COVID-19

Pejabat kesehatan top Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa lonjakan tingkat infeksi COVID-19 Varian Delta di AS menjadi sebuah pandemi bagi mereka yang tidak divaksin.

Liputan6.com, D.C -  Pejabat kesehatan top Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa lonjakan tingkat infeksi COVID-19 Varian Delta di AS menjadi sebuah "pandemi bagi mereka yang tidak divaksinasi".

Sementara bagi mereka yang telah divaksin, "umumnya bernasib baik".

"Kami melihat wabah kasus di beberapa bagian negara yang memiliki cakupan vaksinasi rendah karena orang yang tidak divaksinasi menjadi lebih berisiko, dan komunitas yang sepenuhnya divaksinasi umumnya bernasib baik," kata Rochelle Walensky, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada pengarahan pers pada hari Jumat 16 Juli 2021.

"Ini menjadi pandemi (bagi) yang tidak divaksinasi."

Walensky mengatakan 33.000 kasus baru COVID-19 di AS dilaporkan pada hari Kamis 14 Juli 2021, sementara rata-rata tujuh hari sekarang sekitar 26.300 kasus per hari - kenaikan 70 persen dari rata-rata tujuh hari sebelumnya. Tingkat kematian harian telah meningkat sekitar 26 persen selama seminggu terakhir menjadi rata-rata 211.

Dia memperingatkan "pola wabah lokal" yang didorong oleh penularan komunitas di beberapa bagian negara di mana orang-orang tidak divaksinasi, menambahkan bahwa 97 persen orang yang memasuki rumah sakit dengan COVID-19 tidak/belum menerima vaksin COVID-19.

"Kabar baiknya adalah bahwa jika Anda sepenuhnya divaksinasi, Anda dilindungi dari COVID-19 yang parah, rawat inap dan kematian, dan bahkan dilindungi terhadap varian yang diketahui - termasuk varian Delta - yang beredar di negara ini. Jika Anda tidak divaksinasi, Anda tetap beresiko. Dan kekhawatiran terbesar kami adalah bahwa kami akan terus melihat kasus yang dapat dicegah, rawat inap dan, sayangnya, kematian di antara yang tidak divaksinasi."

Data CDC menunjukkan bahwa Missouri, Nevada, Arkansas dan Florida adalah salah satu negara bagian yang mengalami kenaikan kasus tertinggi, meskipun Walensky menyambut kenyataan bahwa tingkat vaksinasi meningkat di negara-negara bagian itu. Florida sendiri menyumbang satu dari lima infeksi virus corona baru di negara itu selama seminggu terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasi di Los Angeles

Kabupaten Los Angeles - salah satu yang paling padat penduduknya di AS - memperkenalkan kembali mandat masker bahkan untuk orang-orang yang sepenuhnya divaksinasi pada hari Kamis, sebagai tanggapan terhadap meningkatnya jumlah COVID-19.

Di New York, pertandingan bisbol Yankees ditunda minggu ini setelah beberapa anggota tim - termasuk tiga yang sepenuhnya divaksinasi, menurut para pejabat - dites positif COVID-19.

Varian Delta yang sangat menular, yang pertama kali diidentifikasi di India, sekarang diyakini menyumbang sekitar 50 persen kasus COVID-19 di Amerika Serikat

Secara terpisah, presiden AS Joe Biden mengatakan dia akan mengumumkan keputusan tentang larangan perjalanan Amerika terhadap Eropa dalam beberapa hari mendatang, menyusul pertemuannya dengan kanselir Jerman Angela Merkel di Gedung Putih.

Sejak Maret 2020 AS telah melarang masuk ke sebagian besar pelancong yang telah berada di Eropa dalam 14 hari sebelumnya, bahkan karena penduduk dari sebagian besar negara lain diizinkan masuk.

Merkel mengatakan dia telah membahas masalah itu dengan presiden AS selama pertemuan bilateral mereka pada hari Kamis, tetapi dia mencatat bahwa munculnya varian Delta dapat mempersulit masalah.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga menyarankan agar Kanada dapat membuka perbatasannya untuk sepenuhnya memvaksinasi pelancong pada bulan September.

Berbicara pada briefing pers Gedung Putih pada hari Jumat, sekretaris pers Jen Psaki mengatakan China dan Rusia mendorong informasi anti-vaksin melalui saluran media sosial, menurut departemen luar negeri.

"Kami memastikan platform media sosial menyadari narasi palsu berbahaya bagi kesehatan masyarakat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.