Sukses

Harga Lelang Topi Milik Napoleon Bonaparte Ditargetkan Terjual Hingga Rp 10 Miliar

Topi Bicorn Napoleon Bonaparte akan dilelang di Paris dan diharapkan terjual hingga Rp 10 miliar.

Liputan6.com, Paris - Topi yang pernah dikenakan oleh Napoleon Bonaparte akan dilelang di Paris.

Dalam rangka memperingati 200 tahun kematian kaisar Prancis itu, Sotheby pada hari Kamis (15/7) mengumumkan bahwa salah satu topi angkatan laut bicorn Napoleon akan dijual, demikian dikutip dari laman independent.co.uk, Jumat (16/7/2021).

Diharapkan topi tersebut dapat terjual seharga 400.000 Euro atau setara dengan Rp 6,8 miliar dan 600.000 Euro atau setara dengan Rp 10 miliar ketika mulai dilelangkan pada September 2021.

Topi yang terbuat dari kain flanel hitam ini dipakai oleh pemimpin militer itu, Napoleon, sekitar tahun 1807 saat ia menyandang gelar Kaisar Prancis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Topi bersejarah

Napoleon diyakini telah mengenakan topi itu saat ia menandatangani perjanjian damai Tilsit, yang membagi Eropa diantara kekuasan Prancis dan Rusia.

Topi yang dilelangkan adalah salah satu dari hanya 19 topi bicorn milik Napoleon yang masih ada. Banyak diantaranya berada di museum.

Sir Michael Shaw-Stewart, seorang politisi Partai Konservatif membeli topi itu pada tahun 1814. Topi itu telah diturunkan dari generasi ke generasi keluarganya.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.