Sukses

Top 3: China Kebanjiran Pesanan Oksigen dari Indonesia Jadi Sorotan

Top 3 berita kanal Global menyorot isu perusahaan China dapat orderan oksigen dari RI, vaksin Moderna, serta Jepang kirim vaksin ke Indonesia dan Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia membuat pasokan oksigen sulit didapatkan. Oksigen itu terutama dibutuhkan warga yang merawat keluarganya di rumah karena rumah sakit penuh. 

Kondisi yang tidak terkendali ini membuat Indonesia harus mencari oksigen sampai ke negeri China. Perusahaan China pun mencatat lonjakan orderan dari Indonesia. 

Menurut laporan Global Times, sebuah perusahaan generator oksigen di Shenzhen berkata pekan lalu ada 5.000 mesin yang dipesan negara Asia Tenggara, yakni Indonesia dan Myanmar.

Kabar terkait oksigen itu menjadi berita yang paling disorot di Liputan6.com, Rabu (14/7/2021). Dan berikut daftar tiga berita terpopuler di kanal Global: 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Impor Oksigen

Ketika India mengalami lonjakan kasus COVID-19, perusahaan generator China kebanjiran pesanan dari India hingga kewalahan. Kini, pesanan datang dari Indonesia. 

Namun, pihak perusahaan mengaku ada kekurangan bahan baku di hulu rantai pasokan karena lonjakan pesanan dari India, yang membuat sulit untuk memperluas produksi dalam waktu singkat.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Bantuan Vaksin Moderna dari AS

Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin COVID-19 buatan Moderna dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facility. Dalam waktu dekat, Indonesia akan kembali menerima 1,5 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika. 

Senator AS Tammy Duckworth yang mewakili Partai Demokrat dari negara bagian Ilinois, mengumumkan bahwa pada 12 Juli Amerika Serikat mengirimkan donasi berupa 1,5 juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia.

Total donasi vaksin Amerika untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Kiriman Vaksin dari Jepang

Jepang akan mengirim sumbangan tambahan vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Taiwan dan negara Asia lainnya pekan ini. 

Jepang akan mengirimkan masing-masing 1 juta dosis vaksin ke Indonesia, Taiwan dan Vietnam pada 15 Juli mendatang sebagai bagian dari kesepakatan bilateral dengan pemerintah negara-negara itu, kata Motegi kepada wartawan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (13/7).

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.