Mengenal Cono de Arita, Piramida Misterius di Dataran Garam Argentina

Oleh Liputan6.com pada 13 Jul 2021, 19:40 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 19:40 WIB
foto Salar de Arizaro (wikipedia)
Perbesar
Foto Salar de Arizaro (wikipedia)

Liputan6.com, Salta - Salar de Arizaro, dataran garam terbesar kedua di Argentina sekaligus menjadi rumah bagi salah satu formasi alam yang paling misterius di dunia.

Cono de Arita, sebuah piramida kerucut setinggi 200 meter terbentuk sangat sempurna, tampak seperti buatan tangan manusia.

Faktanya, sepanjang awal abad ke-20, orang meyakini bahwa Cono de Arita sama seperti piramida Mesir yang sebenarnya dibangun oleh manusia, demikian dikutip dari Oddity Central, Selasa (13/7/2021).

Namun, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa foramsi puncak gunung berapi mati tersebut terbentuk melalui kerak bumi yang memuntahkan lava atau menghasilkan kawah. Saat ini, Cono de Arita dianggap sebagai kerucut alami paling sempurna di dunia. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Legenda Cono de Arita

Bendera Negara Argentina (unsplash)
Perbesar
Bendera Negara Argentina (unsplash)

Banyak yang belum diketahui tentang Cono de Arita. Namun, leganda dan bukti arkeologis menunjukkan bahwa mungkin tempat itu telah digunakan sebagai situs upacara sebelum kedatangan suku Inca. Banyaknya "penampakan" UFO yang dilaporkan menambah misteri Cono de Arita.

Cono de Arita disebut sebagai "gunung berapi mengambang". Ilusi optik yang diciptakan ketika melihat formasi kerucut dari jauh dibalik dataran garam yang luas membuat gunung berapi tampak mengambang.

Meskipun menawarkan pemandangan yang sangat unik, untuk mencapai Cono de Arita bukan perkara mudah karena harus melintasi tanah tandus, Salar de Arizaro.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya