Sukses

Top 3: Vaksin COVID-19 Berbayar Indonesia dan Sejumlah Negara Asing Disorot

Top 3 berita Global hari ini menyoroti isu BUMN Kimia Farma jual vaksin COVID-19, ucapan penyemangat kala pandemi, dan dampak jualan vaksin di India.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia mengizinkan Kimia Farma untuk menjual vaksin COVID-19. Harganya pun fantastis, yakni Rp 879 ribu. 

Sejauh ini, mayoritas negara di dunia menyediakan vaksin gratis bagi warganya. Ada setidaknya dua negara yang menyediakan vaksin berbayar, namun melalui swasta, bukan BUMN seperti Kimia Farma

Kabar mengenai vaksin berbayar di Indonesia dan negara lain menjadi sorotan pembaca isu internasional di Liputan6.com, Selasa (13/7/2021). 

Ada juga kabar menarik tentang kata-kata inspirasi melawan COVID-19 yang dijual secara online.

Berikut ini tiga isu terpopuler hari ini:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Vaksin COVID-19 Berbayar di Negara Lain

Sebelum Indonesia, ada India dan Singapura yang mengizinkan vaksin COVID-19 berbayar. Bedanya, vaksin berbayar itu dilakukan swasta, bukan dijual perusahaan negara seperti Kimia Farma.

Warga Singapura bahkan bisa mendapat uang mereka kembali usai divaksin.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Jualan Ucapan Inspiratif Melawan COVID-19

Secara sadar atau tidak, pandemi COVID-19 telah mempengaruhi hidup kita dalam berbagai cara. Sementara banyak yang sedang berjuang untuk memberi makan diri sendiri atau keluarga, banyak juga yang kesehatan mentalnya sedang terpukul.

Dalam kondisi tersebut, seseorang butuh penghiburan. Salah satunya melalui ungkapan kata penyemangat. Seperti yang diberikan akun Shopee di Malaysia, dengan penawaran dalam banderol harga tertentu.

 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Warga India Tertipu Vaksin COVID-19 Berbayar

Selain Indonesia, ada India yang juga membebaskan rumah sakit swasta untuk menjual vaksin COVID-19 pada April 2021. Apa yang terjadi kemudian adalah penjualan vaksin palsu marak. 

Pada awal Juli ini, CNN melaporkan ribuan orang terkena korban vaksin COVID-19 palsu India. Vaksin itu isinya ternyata air garam.

 

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.