Sukses

Jepang Akan Kirim Lagi Jutaan Dosis Vaksin COVID-19 ke Asia Termasuk RI dan Taiwan

Jepang akan mengirim tambahan 1 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca ke sejumlah wilayah di Asia termasuk Taiwan dan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang akan mengirim sumbangan tambahan vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Taiwan dan negara Asia lainnya pekan ini.

Sumbangan vaksin itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi.

Jepang akan mengirimkan masing-masing 1 juta dosis vaksin ke Indonesia, Taiwan dan Vietnam pada 15 Juli mendatang sebagai bagian dari kesepakatan bilateral dengan pemerintah negara-negara itu, kata Motegi kepada wartawan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (13/7/2021).

Jepang juga akan mengirim rambahan 11 juta dosis vaksin yang disumbangkan melalui skema COVAX bulan ini, ke Bangladesh, Kamboja, Iran, Laos, Nepal, dan Sri Lanka, serta berbagai negara bagian Kepulauan Pasifik, menurut Motegi.

Ini adalah gelombang ketiga vaksin AstraZeneca yang disumbangkan Jepang ke Taiwan, sehingga total donasi negara itu ke Taiwan sejauh ini mencapai hampir 3,4 juta dosis vaksin.

Gelombang pertama sumbangan vaksin COVID-19 dikirim pada Juni 2021 diikuti oleh sumbangan kedua awal bulan ini.

Kementerian Luar Negeri Taiwan pun menyampaikan terima kasih mereka, terutama saat Jepang juga menghadapi situasi Virus Corona COVID-19 yang serius.

"Persahabatan antara Taiwan dan Jepang tidak tergoyahkan. Kementerian Luar Negeri sekali lagi berterima kasih kepada mitra kami dalam kebebasan dan demokrasi atas bantuan hangat dan dukungan kuat mereka," tutur Kementerian Luar Negeri Taiwan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vietnam Juga Akan Terima Sumbangan Vaksin COVID-19 dari Jepang

Dalam sebuah pernyataan, Vietnam mengatakan akan menerima satu juta dosis vaksin COVID-19 dari Jepang pada 16 Juli mendatang di pusat Kota Ho Chi Minh, di mana negara itu menghadapi wabah COVID-19 terbesar.

"Sangat menggembirakan bahwa sejumlah negara kaya telah menepati janji dan sumbangan vaksin yang murah hati ke negara-negara di Asia dalam beberapa pekan terakhir," kata Alexander Matheou dari kelompok bantuan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC).

"Kita perlu mempercepat pengiriman dosis yang menyelamatkan nyawa ini sehingga kita bisa membawanya untuk orang-orang, memberi kita kesempatan yang tulus untuk mengatasi pandemi ini sekali dan untuk selamanya," lanjutnya.

Jepang telah menjanjikan dana sebesar US$1 miliar dan 30 juta dosis vaksin COVID-19 untuk COVAX.

Motegi mengatakan pada Selasa (13/7) bahwa vaksin AstraZeneca yang dibuat di Jepang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 9 Juli untuk digunakan dalam COVAX.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin COVID-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.