Sukses

Palestina Ucapkan Selamat ke Presiden Baru Israel Isaac Herzog

Presiden Mahmoud Abbas dari Palestina memberikan ucapan selamat ke pemimpin baru Israel Isaac Herzog.

Liputan6.com, Tel Aviv - Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberikan ucapan selamat atas menjabatnya Isaac Herzog sebagai presiden Israel. Herzog adalah tokoh Zionist Union yang mengganti Reuven Rivlin.

Herzog mengapresiasi ucapan positif dari Presiden Mahmoud Abbas, serta berjanji akan terus menjalin kontak.

"Saya bicara pada sore ini dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang menelepon untuk mengucapkan selama kepada saya dalam menjalankan peran baru saya," ujar Presiden Herzog via Twitter pada 11 Juli lalu, dikutip dari The Times of Israel, Selasa (13/7/2021).

Presiden Herzog juga berharap untuk membantu memajukan relasi kedua negara, "dengan harapan untuk perdamaian dua negara agar hidup berdampingan."

Kekuasaan pemerintah di Israel dijalankan oleh perdana menteri, sementara peran presiden lebih ke seremonial saja. Perdana Menteri Israel saat ini adalah Yair Lapid yang menggeser Benjamin Netanyahu dari kekuasaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Abbas

Kantor Presiden Abbas mengkonfirmasi percakapan antara kedua pemimpin. Kantor berita WAFA menyebut pihak Abbas meminta agar adanya gencatan senjata komprehensif di Tepi Barat dan Yerusalem.

Abbas juga meminta Herzog terkait perlunya mengambil "langkah-langkah praktis untuk menciptakan kondisi untuk meraih perdamaian yang adil dan komprehensif."

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga dikabarkan menelepon Herzog.

Pihak Israel berkata Erdogan mendukung adanya stabilitas di Timur Tengah. Potensi kerja sama juga dibahas di berbagai bidang, seperti energi, wisata, dan teknologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.