Palestina Ucapkan Selamat ke Presiden Baru Israel Isaac Herzog

Oleh Tommy Kurnia pada 13 Jul 2021, 13:27 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 13:27 WIB
Presiden terpilih Israel Isaac Herzog (kiri), Ketua Knesset, Mickey Levi (tengah) dan Presiden Israel Reuven Rivlin saat upacara pelantikan di Knesset di Yerusalem, Rabu, 7 Juli 2021. (AP Photo/Sebastian Scheiner)
Perbesar
Presiden terpilih Israel Isaac Herzog (kiri), Ketua Knesset, Mickey Levi (tengah) dan Presiden Israel Reuven Rivlin saat upacara pelantikan di Knesset di Yerusalem, Rabu, 7 Juli 2021. (AP Photo/Sebastian Scheiner)

Liputan6.com, Tel Aviv - Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberikan ucapan selamat atas menjabatnya Isaac Herzog sebagai presiden Israel. Herzog adalah tokoh Zionist Union yang mengganti Reuven Rivlin.

Herzog mengapresiasi ucapan positif dari Presiden Mahmoud Abbas, serta berjanji akan terus menjalin kontak.

"Saya bicara pada sore ini dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang menelepon untuk mengucapkan selama kepada saya dalam menjalankan peran baru saya," ujar Presiden Herzog via Twitter pada 11 Juli lalu, dikutip dari The Times of Israel, Selasa (13/7/2021).

Presiden Herzog juga berharap untuk membantu memajukan relasi kedua negara, "dengan harapan untuk perdamaian dua negara agar hidup berdampingan."

Kekuasaan pemerintah di Israel dijalankan oleh perdana menteri, sementara peran presiden lebih ke seremonial saja. Perdana Menteri Israel saat ini adalah Yair Lapid yang menggeser Benjamin Netanyahu dari kekuasaan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Permintaan Abbas

Warga Palestina Seberangi Pos Pemeriksaan untuk Sholat Jumat di Masjid Al-Aqsa
Perbesar
Anggota pasukan keamanan Israel berjaga-jaga di pos pemeriksaan Qalandia antara kota Ramallah Tepi Barat dan Yerusalem, ketika orang-orang Palestina menyeberang untuk menghadiri sholat Jumat kedua bulan Ramadhan di masjid Al-Aqsa, Jumat (23/4/2021). (ABBAS MOMANI / AFP)

Kantor Presiden Abbas mengkonfirmasi percakapan antara kedua pemimpin. Kantor berita WAFA menyebut pihak Abbas meminta agar adanya gencatan senjata komprehensif di Tepi Barat dan Yerusalem.

Abbas juga meminta Herzog terkait perlunya mengambil "langkah-langkah praktis untuk menciptakan kondisi untuk meraih perdamaian yang adil dan komprehensif."

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga dikabarkan menelepon Herzog.

Pihak Israel berkata Erdogan mendukung adanya stabilitas di Timur Tengah. Potensi kerja sama juga dibahas di berbagai bidang, seperti energi, wisata, dan teknologi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya