Sukses

Paus Fransiskus Pimpin Doa di Balkon RS Usai Operasi Usus Berjalan Lancar

Tampak dalam kesehatan yang baik, Paus Fransiskus memimpin doa mingguannya dari balkon Rumah Sakit Gemelli di Roma.

Liputan6.com, Roma - Paus Fransiskus memimpin ibadah doa dari balkon rumah sakit setelah operasi usus besar berjalan lancar. Ia tampil di depan umum untuk pertama kalinya sejak menjalani operasi untuk masalah usus besar seminggu yang lalu.

Tampak dalam kesehatan yang baik, paus berusia 84 tahun itu memimpin doa mingguannya dari balkon Rumah Sakit Gemelli di Roma.

Ratusan orang telah berkumpul di luar rumah sakit, beberapa berteriak "Viva il Papa!" (panjang umur Paus).

Vatikan mengatakan pengobatan untuk "stenosis divertikular simtomatik" pada usus besar  Paus Fransiskus berjalan dengan baik.

"Saya senang dapat menepati doa Angelus pada hari Minggu, meskipun di sini. Saya sangat merasakan kedekatan Anda dan dukungan doa Anda. Terima kasih dari lubuk hati saya," kata Paus Fransiskus kepada orang banyak seperti dikutip dari BBC Senin (12/7/2021).

Berterima kasih kepada staf rumah sakit, Paus Fransiskusmengatakan dia telah "mengalami betapa pentingnya perawatan kesehatan yang baik, dapat diakses oleh semua orang, seperti di Italia dan di negara lain".

"Manfaat yang berharga ini jangan sampai hilang. Harus dijaga," tambah Paus Fransiskus.

Beberapa pasien anak terlihat muncul di samping Paus di balkon.

Sejauh ini belum diketahui pasti berapa lama Paus Fransiskus akan tinggal di rumah sakit untuk pemulihannya pasca-operasi usus besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Kesehatan Paus Fransiskus

Penyakit divertikular yang dialami Paus Fransiskus adalah suatu kondisi yang melibatkan tonjolan di dinding usus besar. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan usus besar, dengan gejala termasuk kembung dan sakit perut berulang.

Paus Fransikus, yang lahir pada tahun 1936 di Buenos Aires, kehilangan sebagian paru-paru kanannya pada usia 21 tahun. Ia juga menderita masalah pinggul dan linu panggul, yang menyebabkan rasa sakit yang menjalar dari punggung bawah ke kaki.

Pada tahun 2014, ia bahkan harus membatalkan sejumlah acara yang telah dijadwalkan karena mengalami sakit pada perutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.